Tuesday, 13 November 2018

Jabatan Kepala Sekolah Pun Dilelang

Jumat, 12 Juli 2013 — 16:06 WIB
lelang2

JAKARTA (Pos Kota) – Setelah camat dan lurah, Pemprov DKI Jakarta akan melelang jabatan kepala sekolah. Namun berbeda dari dua jaabatan sebelumnya, lelang terbuka ini hanya dapat diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada dalam lingkup pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudhi Mulyanto, mengatakan saat ini pihaknya tengah merancang proses pelelang jabatan tersebut. “Rencananya kita buka Oktober mendatang,” ujar Taufik, Jumat (12/7).

Menurutnya proses lelang ini dilakukan agar mekanisme perekrutan kepala sekolah akan lebih transparan. Tidak hanya itu saja, dengan adanya mekanisme semua memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi kepala sekolah.

Adapun lelang jabatan kepala sekolah berlaku bagi seluruh tingkatan sekolah. Di Jakarta sendiri terdapat 2.225 SND, 289 SMPN, 117 SMAN dan 63 SMKN.

Lebih lanjut Taufik mengungkapkan bahwa berbeda dengan camat dan lurah yang dapat diikuti oleh seluruh PNS dari berbagai disiplin ilmu, untuk kepala sekolah peserta akan dibatasi.

“Kepala sekolah itu bukan hanya sebagai leader namun juga manager pendidikan. Sehingga untuk menjalankannya dibutuhkan orang yang memang perlu mengetahui mekanisme pendidikan,” tandanya.(Guruh)