Saturday, 20 October 2018

100 Kampung Kumuh Disulap Jadi Kampung Deret

Minggu, 14 Juli 2013 — 22:57 WIB
ilus110

JAKARTA (Pos Kota) – Seratus kampung kumuh bakal disulap  menjadi kampung deret.  Karena itu, Gubernur Jokowi memerintahkan  lurah dan camat mendata  daerah kumuh di wilayahnya, sehingga program pembenahan terhadap 100 pemukiman menjadi kampung deret  tetapt sasaran.

Pembenahan 100  kampung kumuh tersebut akan dilakukan Jokowi  pada tahun depan. Salah satu kawasan yang akan dijadikan kampung deret yakni Kampung Kalimati, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Proses pendataan wilayah untuk dijadikan kampung deret terus dilakukan. “Kita ini kan mulai melihat untuk 2014. Nanti kampung mana saja yang akan ditata, kita terus mendatanya,” ujar Jokowi, Minggu (14/7).

Ia mengaku  kerap mendapatkan keluhan warga sekitar terkait kondisi wilayahnya yang kumuh. Tak hanya itu, warga juga kerap mengeluh karena lingkungannya terlalu rendah sehingga dengan mudah air menggenangi lingkungannya.

DATANGI LANGSUNG

Mendengar keluhan itu, Jokowi  mendatangi langsung lokasi tersebut dan memasukkannya dalam daftar kampung deret untuk tahun depan.  “Saya sudah bicara ke Pak Lurah untuk mendata keluarga dan  dan lahannya. Nanti pas  tahun 2014, lebih mudah melaksanakannya,” ucapnya.
Pembenahan 100 kampung kumuh bakal menggunakan Aggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Jokowi menargetkan  sebanyak 100 kawasan kumuh dapat dilakukan penataannya pada  2014.

Adapun salah satu syarat membangun kampung deret yakni, lahan yang ditinggali warga harus tidak sengketa. “Tahun ini, 38 kampung yang masuk data dan akan kita tata. Karena kemarin ada banyak lahan yang sengketa,” papar Jokowi.

Kampung deret  yang telah dalam proses pembangunan yakni di di Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat. Di Petogogan pembangunan kampung deret di lakukan terhadap 262 rumah. “Penataannya dimulai Juni lalu,” tegas  Jokowi.
Konsep kampung deret adalah kampung hijau dengan infrastruktur tertata. Pembangunan kampung deret adalah realisasi janji kampanye Jokowi. Dia ingin mengubah semua kawasan kumuh ibukota  menjadi perkampungan yang bersih, tertata, dan modern.(guruh/st)