Wednesday, 21 November 2018

Waspada, Cuaca Ekstrim Ramadhan Rawan ISPA

Minggu, 14 Juli 2013 — 9:38 WIB
pamadhan147

JAKARTA (Pos Kota)-  Cuaca ekstrem selama memasuki Ramadhan membuat masyarakat rentan terkena ISPA – infeksi saluran pernafasan atas .

Karena itu Dirjen Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP dan PL) Tjandra Yoga Aditama menghimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memilih menu makanan untuk buka puasa maupun sahur.

“Hindari makanan yang terlalu berminyak agar tenggorokan tidak sakit. Juga makanan yang rasanya terlalu pedas, terlalu asam,” kata Tjandra disela temu media, kemarin.

Selain makanan yang tidak mengandung banyak minyak, menurut Tjandra, masyarakat juga perlu menghindari paparan langsung debu dan segala bentuk polusi udara. Sebab saat berpuasa, stamina tubuh akan menurun dan itu membuat daya tahan tubuh juga kurang bagus.

“Sedikit ada paparan penyakit, bisa berakibat fatal,” lanjutnya.

Menggunakan masker saat bepergian bisa menjadi solusi tepat agar paparan polusi udara bisa sedikit ditekan.

Tjandra juga menghimbau agar masyarakat berhati-hati dalam menyiapkan makanan untuk berbuka bersama. Proses memasak makanan harus dilakukan sebaik mungkin dan hindari makanan dihangatkan berulangkali.
“Kami sudah himbau seluruh Dinas Kesehatan agar ikut mengawasi kegiatan-kegiatan buka bersama terutama soal penyediakan menu makanan. Ini untuk menghindari kasus keracunan massal,” tukas Tjandra.

Sebab selama puasa, acapkali masyarakat menyimpan makanan yang tak habis santap untuk disantap hari berikutnya.

Proses menghangatkan atau menyimpan yang tidak baik akan membuat makanan tak layak santap dan pada akhirnya bisa meracuni orang. (inung/d)