Friday, 23 August 2019

Kapolres Purwakarta Desak PU Perbaiki Jalur Tengah

Senin, 15 Juli 2013 — 7:18 WIB
respur157

PURWAKARTA (Pos Kota) – Polres Purwakarta telah meminta Kementerian PU secepatnya menyelesaikan perbaikan kerusakan jalan di jalur tengah wilayahnya yang akan digunakan lintasan arus mudik Lebaran 1434 H.

“Bersama-sama dengan Kemenhub dan Kementerian PU beberapa hari lalu, kita telah melakukan survei di jalur tengah meliputi Sadang-Cipendeuy (Subang). Memang di sana ada beberapa jalan berlobang dan telah kita mintakan agar selesai diperbaiki sebelum H-7 lebaran,” jelas Kapolres Purwakarta AKBP Slamet Hariyadi dihubungi Pos Kota, Minggu (14/7) sore.

Diakuinya, sejumlah persiapan menyambut arus mudik Lebaran telah dilaksanakan jajarannya diantaranya menggelar rakor dengan dua polres tetangga yakni Polres Karawang dan Polres Subang serta rakor dengan Korlantas di Markas Polda Jawa Barat. “Rakor kesiapan arus mudik lebaran akan dimatangkan pada 12 Juli mendatang,”imbuhnya.

Salah satu upaya menggelar pracipta kondisi untuk mendukung kelancaran operasi ketupat diantaranya menggelar operasi penyakit masyarakat seperti memberantas premanisme, miras dan potensi potensi yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas.

Kapolres Purwakarta menjelaskan, pihaknya memiliki tiga jalur mudik yang telah siap dilalui kendaraan pemudik Lebaran. Ketiga jalur mudik diwilayah hukum Polres Purwakarta itu meliputi jalur Cikopo-Mutiara, jalur tengah Sadang-Cipendeuy-Kalijati (Subang) dan jalur alternatif Ciganea (Jatiluhur) – Wanayasa. “Dari ketiga jalur itu, tinggal jalur tengah yang masih ada perbaikan jalan karena masih berlobang,” ungkapnya.

Dari 3 jalur utama mudik ini, lanjut Kapolres, kesiapan infrastruktur jalan, rambu rambu dan marka jalan telah tergelar dan siap menyambut pemudik lebaran. Hanya diakuinya masih ada beberapa ruas jalan yang kondisinya masih berlubang yakni di jalur tengah.

Diakuinya, jalur tengah acapkali digunakan pengalihan arus bilamana arus di jalur utama mudik yakni Jalur Pantura padat. Arus dialihkan di GT Cikopo menuju Sadang kemudian mengambil jalur tengah Cipendeuy. Bilamana kepadatan pun terjadi di jalur tengah, sambung Kapolres, jalur pun kembali akan dialihkan yang pengurainya dilakukan di KM 66 Tol Cikampek-Jakarta. “Di KM 66 itu, nanti akan disortir, kendaraan pemudik akan dialihkan ke Tol Purbaleunyi menuju jalur selatan,”terangnya. (dadan)

Teks : Jalur tengah Purwakarta masih banyak yang rusak