Monday, 17 June 2019

Dikendalikan Sindikat

Selama Ramadhan, Pengemis Dapat Rp 100 Ribu Perhari

Selasa, 16 Juli 2013 — 7:43 WIB
gemis167

SETIABUDI (Pos Kota) – Selama Ramadhan, Pemkot Jakarta Selatan dan Jakarta Barat telah menjaring 137 gelandangan dan pengemis (gepeng) atau penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) lainnya di berbagai lokasi.

“Tradisi saat Ramadhan, Jakarta termasuk Jakarta Selatan sangat didominasi gepeng dan PMKS. Keberadaan gepeng ini diduga kuat dikendalikan oleh sindikat tertentu,” ujar Kasudin Sosial Jakarta Selatan, Abdurrahman Anwar, didampingi Kasie Rehabilitasi Sosial Miftahul Huda.

Penghasilan yang menggiurkan berkisar Rp50.000 hingga Rp100.000 menjadikan mereka ‘rela’ menjadi gepeng musiman di Jakarta hingga Lebaran mendatang. Namun tak sedikit pula yang akhirnya berlanjut menjadi gepeng permanen.

Dari 65 gepeng yang diamankan dari berbagai wilayah di Jakarta Selatan seperti Cilandak, Mampang, Tebet dan Kebayoran Baru. Adapun asal daerah pengemis mayoritas dari luar Jakarta seperti Bogor hingga Jawa Tengah.

PANTI SOSIAL

Di Jakarta Barat, Kasatpol PP Jakarta Barat, Kadiman Sitinjak, selama Ramadhan menjaring 62 PMKS. Terdiri 30 pengemis, 10 gelandangan, 10 pengamen, lima PSK dan tujuh anak punk. “Mereka langsung dikirim ke Panti Sosial Kedoya Jakarta Barat,” ucapnya.

Titik-titik rawan PMKS diantaranya kawasan Terminal Kalideres, perempatan lampu merah Cengkareng, kawasan Grogol, Tomang, Slipi, Jembatan Lima dan kawasan Kota Tua. (rachmi/tarta/st)

Teks : Pengemis dirazia dari jembatan penyeberangan orang

  • idhu uyuh

    mantap …lanjutkan pak banpolll…oiya tuh yg dilampu merah rs fatmawati tolong dibasmi habis dong pengemis yg bawa anak2 kecil…emaknya enak2an nunggu dibawah pohon lampu merah rs fatwati..anak2nya yg msh kecil ngemis ke pengendara motor mobil…terkadang pada lari2an di sepanjang pembatas jalan situ,.sangat membahayakan…emaknya enak2an makan dan ngopi..liat aja badannya subur2 smua,.mereka sindikat pengemis yg tiap pagi jam 5 didrop pake mobil carry disitu…tolong dibasmi saja…toh mereka bukan orang jakrta, tp indramayu..

    • Nedved Nagara

      betul..tp ada pernah kasus penculikan anak dan si anak itu dipaksa mengemis oleh penculik…bs jd begitu…?coba tes DNA sehabis kejaring pasti deh gw yakin