Friday, 21 September 2018

Tanpa Izin Trayek, Puluhan Angkot Terjaring Razia

Selasa, 16 Juli 2013 — 12:59 WIB
angkot-dirazia

SUKABUMI (Pos Kota) – Puluhan angkutan umum berbagai jurusan  berhasil dijaring dalam Operasi Patuh yang dihelat di Terminal Cibadak, Kabupaten Sukabumi,  Selasa (16/7).

Umumnya, puluhan angkutan kota (angkot) dan Colt Bogoran tersebut tak layak beroperasional karena tak mengantongi  surat-surat kendaraan hingga izin trayek, pengujian kendaraan atau KIR dan lain-lain. Razia kali ini kerja bareng jajaran Polres Sukabumi dan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

Kanit Laka Lantas Polres Sukabumi IPTU Adhitia Pratama mengatakan, Operasi Patuh ini sudah digelar dari minggu lalu. Kali ini, sasarannya kendaraan umum seperti Bus dan angkutan perkotaan.

“Operasi kali ini untuk memastikan layak tidaknya kendaraan umum beroperasi. Termasuk juga kelengkapan surat-surat kendaraan dan kepemilikan SIM,” kata Adhitia.

Kasi Pengendalian Operasional Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi Asep Sumantri, menambahkan hasil razia menemukan  tidak sedikit kendaraan angkutan umum, yang izin trayek dan KIR-nya sudah kadaluarsa, atau masa berlakunya sudah melampaui batas akhir. Menurut Asep, dengan razia ini diharapkan  para pemilik atau pengusaha kendaraan angkutan umum selalu melengkapi kendaraannya dengan surat-surat dan segera mengurus perpanjangan surat izin yang masa berlakunya sudah habis.

“Sehingga akan terawasi kelayakan jalan kendaraan umum. Upaya ini untuk meminimalisir tingkat laka lantas,” tandasnya.

(sule/sir)