Thursday, 23 November 2017

Untuk Angkutan Lebaran, Kemenhub Lakukan Uji Petik Kapal

Selasa, 16 Juli 2013 — 7:08 WIB
jipet167

JAKARTA (Pos Kota) – Untuk mengetahui kesiapan kapal laut dari sisi keamanan dan keselamatan serta kelaikannya menjelang Lebaran tahun ini, Ditjen Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan akan melaksanakan uji petik secara acak di sembilan pelabuhan.

“Kami akan laksanakan pada H-21 sehingga semua kapal dan pelabuhan akan siap pada musim angkutan lebaran yang dimulai H-15 untuk angkutan laut,” jelas Dirjen Perhubungan Laut Bobby R Mamahit, Senin kemarin.

Bobby menerangkan uji petik kapal di musim angkutan Lebaran ini dilakukan untuk menyakinkan kesiapan operator kapal maupun operator pelabuhan dalam menghadapi arus mudik dan arus balik dilakukan secara acak di tempat yang crowded seperti Semarang dan lainnya.

Dalam uji petik nantinya akan diaudit pemenuhan standar keselamatan dan keamanan pelayaran terhadap kapal-kapal di pelabuhan, seperti kelengkapan peralatan keselamatan seperti pelampung dan rakit penolong, dan sebagainya sehingga dapat diketahui apakah kapal tersebut layak berlayar atau tidak khususnya dari segi keamanan dan keselamatan.

Mengenai jumlah penumpang Bobby mempredksi akan ada kenaikan di 2013 ini sebesar lima persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sedangkan selama Lebaran, pihaknya fokus terhadap 52 pelabuhan walaupun sebagian besar seperti pada angkutan laut Lebaran sebelumnya, jumlah penumpang terbesar akan terjadi di beberapa wilayah Kalimantan menuju Pulau Jawa dan sebaliknya.

Mengenai armada laut pihaknya telah menyiapkan kapal Pelni sebanyak 25 kapal, 26 kapal ro-ro swasta, 67 kapal cepat swasta, 1.049 kapal swasta jarak dekat, 80 kapal perintis, dan satu kapal TNI AL. (Dwi)