Friday, 20 September 2019

Sampah Masih Menumpuk di Kali

Rabu, 17 Juli 2013 — 17:40 WIB
pahsam177

CILANDAK (Pos Kota) – Banjir dan genangan air masih menjadi langganan di Jakarta Selatan. Salah satunya disebabkan tumpukan sampah di sejumlah kali yang menghambat aliran air. Misalnya sampah di aliran Kali Krukut di Jl Bakti RT 014/03 Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak.

“Kami sudah sering ngelapor sampah yang numpuk di kali ini tapi tak ditanggapi. Baru sekarang dikeruk, lumayan lah daripada tidak sama sekali,” ujar Solihin, warga RW 03 Pondok Labu saat melihat pengerukan sampah kali yang dipimpin Lurah Pondok Labu, Siti Fauziah G, Rabu (17/7).

Ia dan sejumlah warga lainnya kerap was-was manakala hujan lebat lantaran kali setempat mampet oleh sampah. Terlebih lagi sampah tersebut sebagian merupakan kiriman dari hulu lintasan Kali Krukut.

Lurah Pondok Labu, Siti Fauziah G menuturkan, pembersihan sampah di Kali Krukut di Jl Bakti sepanjang 20 meter dilakukan petugas dari Sudin Kebersihan Jaksel bersama jajaran kelurahan.

“Pembersihan kali ini akan diintensifkan setiap minggu untuk mengantisipasi cuaca ekstrem belakangan ini sekaligus untuk semakin melancarkan aliran air setempat,” ujarnya.

Sekitar 20 petugas lapangan Sudin Kebersihan bersama aparat kelurahan dikerahkan mengeruk 8 meter kubik sampah yang diangkut oleh dua truk.

Sebagian sampah yang diangkut merupakan sampah rumah tangga, kayu dan barang-barang bekas,” ujarnya.

Mencegah banjir dan genangan, ia berharap warga tak lagi membuang sampah ke badan kali maupun saluran. (Rachmi)

Teks : Sampah menumpuk sekitar 8 meter kubik di aliran Kali Krukut, Jl Bakti, Pondok Labu, Jaksel dikeruk petugas kelurahan. (Rachmi)