Tuesday, 25 September 2018

Thailand Buru Bhiksu Jetset yang Menipu dan Memperkosa

Sabtu, 20 Juli 2013 — 17:41 WIB
biksu jetset

BANGKOK –  Sepak terjang Luang Pu Nenkham, selaku biksu jetset mulai mengundang  Pemerintah Thailand untuk turun tangan. Otoritas negeri itu kini tengah memburunya untuk kasus perkosaan

Departemen Investigasi Khusus Thailand (DSI), menemukan fakta mengejutkan soal Nenkham dalam penyelidikan mereka.

Sebelumnya dia diberitakan memiliki kekayaan fantastis, diduga hasil tipu-tipu terhadap umat Buddha di negara itu.

Biksu ini tak lain adalah Luang Pu Nenkham yang dikenal sebagai “biksu jetset” yang disebut-sebut memiliki  jet pribadi dan puluhan mobil

Biksu ini bikin heboh lantaran videonya di sebuah jet pribadi, mengenakan perangkat mewah, tersebar di publik.

Diberitakan CNN,  biksu borjuis ini kepada jemaahnya, mengaku sebagai reinkarnasi biksu suci Buddha yang hidup puluhan tahun lalu.

Nenkham telah melanggar aturan Buddha dengan hidup mewah dan berhubungan seks. Bahkan belakangan dia dituduh pernah memperkosa seorang gadis.

Biksu yang kini telah didepak dari biara Khatitham di Provinsi Sisaket dan dilucuti seluruh gelarnya itu diketahui memiliki 83 mobil dan kekayaan lainnya yang tidak mungkin dimiliki seorang biksu.

Di antaranya memiliki kekayaan beberapa petak tanah, rumah, dan kondominium.

DSI memperkirakan, kekayaan Nenkham berasal dari donasi dari para pendukungnya yang miskin dan para donatur kaya selama satu dekade terakhir. Nenkham kini diburu atas dakwaan melanggar UU pidana komputer dengan memposting “informasi yang menipu” di internet.

Dia juga dituduh berhubungan seks dengan seorang anak perempuan dan memperkosa seorang gadis.

Menurut sumber intelijen, Nenkham saat ini diyakini berada di California, Amerika Serikat. Pria itu memiliki sebuah tempat peristirahatan sekitar 75 mil sebelah selatan Los Angeles.

Otoritas Thai pun telah meminta bantuan otoritas AS untuk menangkap pria itu dan menyerahkannya ke otoritas Thai.

Nenkham memiliki uang di bank sedikitnya 300 juta baht, atau lebih dari Rp97 miliar. Uang ini telah dia tarik dalam beberapa hari terakhir.(dms)

Luang Pu Nenkham Chattigo di atas jet dan tampilan ala kaum jetset.