Sunday, 18 August 2019

Guardiola Bawa Muenchen Tekuk Barcelona 2-0

Kamis, 25 Juli 2013 — 10:29 WIB
juara

MUNICH (Pos Kota) – Pelatih Bayern Muenchen, Pep Guardiola kembali mempersembahkan kemenangan bagi tim asuhannya setelah menekuk Barcelona 2-0 dalam lagu ujicoba pramusim bertajuk Piala Uli Hoeness di Allianz Arena, Kamis (25/7) dinihari WIB tadi. Dengan hasil itu, Muenchen sukses berhasil meraih kemenangan beruntun selama laga ujicoba pramusim sejak ditangani Guardiola musim 2013-2014 ini.

Dalam pertandingan yang sempat tertunda 18 menit karena keterlambatan bus Barcelona yang terjebak dalam kemacetan itu, mendapat antusiasme yang tinggi dari pendukung tuan rumah. Muenchen di bawah asuhan Guardiola memainkan Thiago Alcantara serta kapten Philipp Lahm di lini tengah. Sementara Thomas Muller dipercaya sebagai ujung tombak yang diapit Franck Ribery dan Arjen Robben dari dua sisi sayap di lini depan.

Sedangkan Barcelona yang belum dapat ditukangi pelatih baru mereka, Gerardo ‘Tata’ Martino, memilih Lionel Messi, Cristian Tello, dan Alexis Sanchez untuk bertugas sebagai trisula di lini depan. Muenchen yang mendapat dukungan lebih di depan publik sendiri, langsung mengambil alih permainan sejak awal laga. Raksasa Bavarian itu bahkan langsung membuka keunggulan lewat gol Lahm pada menit ke-14.

Umpan akurat Ribery dimanfaatkan Lahm dengan sundulan kepala untuk menjebol gawang Sergio Pinto. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Muenchen yang bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, pertandingan menjadi sedikit tidak menarik buat penonton yang datang ke stadion setelah kedua tim mengganti sebagain besar pemain utama dengan pemain muda mereka. Barcelona yang berusaha mengejar ketertinggalan pun, semakin tak berdaya.

Sebaliknya, Muenchen yang memasukkan Xherdan Shaqiri dan Mario Mandzukic sebagai pengganti Robben dan Muller, mampu menjaga ritme permainan meski sedikit mengundurkan serangan. Muenchen pun akhirnya berhasil menggandakan keunggulan lewat aksi Mandzukic pada menit ke-87 yang memaksimalkan umpan silang mendatar Diego Contento menjadi gol. Gol pun berubah menjadi 2-0 sekaligus memastikan kemenangan Muenchen di laga itu.

Dalam laga ujicoba pramusim sebelumnya di ajang Audi Cup, Muenchen berhasil meraih kemenangan beruntun dengan melumat Hamburg 4-0 dan taun rumah Borussia Moenchengladbach 5-1. Kali ini, Muenchen berhasil menumbangkan mantan anak-anak asuh Guardiola itu dengan skor dua gol tanpa balas. Tidak heran jika Muenchen saat ini dianggap sebagai salah satu tim yang kembali bisa merajai kompetisi antarklub di benua Eropa musim 2013-2014 mendatang.

(junius/sir)