H-5 Lebaran, Arus Mudik Diprediksi Sudah Macet

Jumat, 26 Juli 2013
holannamacet267

JAKARTA (Pos Kota)-Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman memprediksi lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek dan Jalur Pantura akan macet parah pada H-5 Lebaran. Pasalnya pada tanggal tersebut arus mudik sudah mulai deras tetapi truk belum dilarang melintas.

“Jadi saya menyarankan kalau bisa pemudik menghindari tanggal tersebut,” katanya didampingi Direktur Operasi Hasanudin dalam kegiatan Sosialisasi Rekayasa Lalu Lintas Untuk Memperlancar Arus Mudik Lebaran 2013, kemarin.

Menurut dia, PT Jasa Marga memperkirakan transaksi di tol saat arus mudik Lebaran rata-rata mencapai 300%. Kenaikan arus lalu lintas di gerbang tol dapat meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan hari biasa.
“Kenaikan arus lalu lintas yang sangat tinggi diperkirakan jatuh pada H-5 (sabtu, 3 agustus 2013) dan H -4 (minggu, 4 agustus 2013),” katanya.

Namun kemacetan parah diperkirakan terjadi justru pada H-5 (Sabtu 3 Agustus 2013). Pasalnya, pada tanggal tersebut truk-truk belum dilarang beroperasi sementara arus mudik sudah ramah.

“Karena itu kami berharap aturan pelarangan truk untuk beroperasi kalau bisa bisa dimajukan menjadi H-7. Kalau ini dilakukan kami berharap lalu lintas pemudik bisa agak longgar,” kata Adityawarman.

Kendati demikian dia optimis arus mudik tahun ini lebih lancar dibanding tahun lalu. Pasalnya, libur Lebaran tahun ini relative panjang sehingga arus pemudik menjadi menjadi lebih menyebar.

Lebaran tahun ini jatuh pada Kamis (8 Agustus 2013) sehingga memungkinkan warga melakukan mudik lebih cepat dari tahun sebelumnya. Rentang cuti bersama yang ditetapkan perusahaan mulai Senin (5/8/2013) yang membuat jarak antara hari H dengan arus mudik mulai berlangsung cukup panjang.

“Arus mudik 2013 keluar Jakarta diprediksi mulai berlangsung sejak H-10, tepatnya 29 Juli 2013. Karena itu kami memprediksi arus pemudik tahun ini lebih merata sehingga akan mengurangi penumpukan kepadatan pada tanggal tertentu seperti yang terjadi tahun lalu,” katanya. (faisal)

Teks : Bukan pada saat mudik Lebaran saja Jalur Pantura selalu macet

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.