Wednesday, 26 June 2019

Polisi Tak Ngerti Bahasa Inggris

Orang Bule Mengetik Sendiri Laporan Pengaduan

Senin, 29 Juli 2013 — 10:07 WIB
mesin-tik

MEDAN (Pos Kota) – SDM petugas terutama dalam menguasai bahasa asing sangat diperlukan saat ini. Pasalnya, sering WNA menjadi korban kriminal di Medan, namun karena petugas tidak mengerti bahasa asing sehingga menghambat proses pengaduan korban .

Seperti Debbie Hoare,43, wanita asal Inggris, terpaksa mengetik sendiri laporan pengaduan terkait perampokan yang dialaminya.

Kejadian di Jalan Pandu, Medan, kemarin sore. Korban yang merupakan turis dijambret saat hendak mengambil uang di ATM salah satu Bank.

Karena penginapan korban berdekatan dengan lokasi Bank yang akan dituju, Debbie mengajak anak lelakinya Hulk yang masih balita, berjalan kaki.

Naas, saat korban tengah berjalan dua pelaku dengan mengendarai sepeda motor memepet korban  dan merampas tas yang disandangnya.

“Saya kehilangan dua unit handphone dan kunci kamar,”akunya.

Kemudian korban menuju Polresta Medan untuk membuat pengaduan. Namun, polisi yang jaga saat itu tidak tahu bahasa Inggris sehingga korban mengetik sendiri laporannya. (samosir)

  • google

    koplak

  • wargadki

    hahayyyy wakakakakakakaka

  • Idhu Geni

    holo..holo…mulak tu bargas bah…

  • danilanang1

    memalukannnn………… terrrllllaaaaaalllluuuu

  • Mangap

    Itu di kota besar lho. apalagi di daerah.
    Ayo di kursusin bahasa inggris. dan juga kursus pelayanan masyarakat, agar polisi kedepannya bisa lebih baik lagi.

  • Nedved Nagara

    bule ya gak punya duit kale…apa emang belaga pilon/blon-on

  • bedul

    Aduh malu2in aja pa polisi hari gini ga bisa bahasa inggris…pa kapolri tolong domg anggota nya di siapkan yg bisa bhasa inggris

  • temon

    wkwkw pada salah koment org2 indonesia,..coba ente2 kejepang pasti lebih kaget karena nyari org yg bisa bhs inggris susah banget,..ini indonesia brother2,..paksa pake bahasa indonesia dong,..ampe kapan negara kita jadi negara pelayan,.kalau nyuruh ngetikin itu juga terlalu,…sih parah ya,..

  • mulawarman

    wajar saja. bhs inggris bukan bhs nasional kita bukan bahasa republik kita.
    Negara kita Negara republik Indonesia, sumpah pemuda saja mengatakan.
    “Berbahsa satu bahasa Indonesia”.
    Ya itulah Polisi yg setia kepada Negara, tetap berbahasa Indonesia. Bukan tidak bisa, tidak mau berbahasa negara laen.
    Karena takut salah takut membingungkan Pelapor. Blegitu. Bro.