Monday, 17 June 2019

Jumlah Penduduk Lansia Meningkat Fantastis

Kamis, 1 Agustus 2013 — 6:44 WIB
sialan18

JAKARTA (Pos Kota)- Indonesia akan mengalami peningkatan jumlah penduduk lansia yang cukup fantastis dalam beberapa tahun ke depan. Ini terjadi sebagai konsekuensi dari penurunan angka kelahiran di satu sisi dan peningkatan usia harapan hidup penduduk di sisi lainnya.

Data sensus penduduk 2010 menyebutkan bahwa jumlah penduduk lansia sudah mencapai 18 juta jiwa atau sekitar 7,6 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Jumlah tersebut akan terus meningkat dan diperkirakan mencapai 80 juta pada 2030.

Karena itu Kepala BKKBN Fasli Jalal menilai perlu dilakukan berbagai persiapan untuk menghadapi era dimana jumlah penduduk lansia semakin besar. Sebab keberadaan lansia berhubungan dengan jumlah penduduk usia produktif yang akan menjadi penopang bagi kehidupan lansia itu sendiri.

“Pemerintah harus melakukan berbagai penyesuaian dalam hal ketenagakerjaan, jaminan sosial, pendidikan, perawatan kesehatan, investasi, konsumsi dan pola tabungan,” jelas Fasli di sela seminar nasional bertajuk Penyebab, Konsekuensi, dan penentuan Kebijakan Berdasarkan Sensus Penduduk 2010 yang diselenggarakan Dana Kependudukan PBB, BKKBN dan Yayasan Emong Lansia, Rabu (31/7).(inung)