Friday, 19 April 2019

Faisal Basri Dukung Jokowi Jadi Capres

Jumat, 2 Agustus 2013 — 11:40 WIB
faisal-basri

JAKARTA (Pos Kota)- Dulu menjadi pesaing dalam perebutan kursi Gubernur DKI, kini pengamat ekonomi Faisal Basri justru mendukung  Joko Widodo untuk maju menjadi Presiden pada Pemilu 2014.

Usai menjadi pembicara dalam “focus group discussion” Pajak Sebagai Modal Pembangunan yang diselenggarakan Perhimpunan Jurnalis Indonesia DKI Jakarta, Faisal mengatakan tahun depan adalah saat yang tepat bagi Joko Widodo yang akrab dipanggil Jokowi untuk maju sebagai Presiden.

“Jangan tunggu 2019, karena momennya pasti sudah lewat. Sekarang saat yang tepat untuk maju,” kata Faisal.

Menurutnya, dulu ia memang pesaing Jokowi, tetapi saat ini dia obyektif menilai Jokowi adakah sosok yang tepat untuk memimpin Indonesia ke depan. “Jokowi tepat, karena dia tidak punya dosa-dosa masa lampau (orde baru).”

Dijelaskannya, memimpin DKI relatif sulit saat ini karena sumber daya yang dimiliki terbatas pegawai pemerintah daerah yang itu-itu juga.

Sementara jika jadi Presiden, maka Jokowi bisa memilih 30-an menteri yang baik dan bagus untuk mengubah wajah Indonesia saat ini.

Ketika ditanya sikap Jokowi yang masih belum menyatakan kesediaannya untuk jadi Presiden, Faisal menilai sikap itu sudah tepat untuk saat ini karena dengan sikap seperti itu pun sudah banyak yang berusaha menjegalnya.

Ketika ditanya tentang aksi Jokowi yang blusukan ke pelosokan Jakarta, Faisal menyatakan itu adalah cara yang tepat untuk mengenal Jakarta, karena Ibukota memerlukan pemahaman yang mendalam, tidak sekadar laporan dari aparat Pemda.

Hadir juga sebagai pembicara Prijo Handojo. konsultan pajak Asosiasi Pengusaha Indonesia dan moderator Hamzirwan dari Kompas.

(tri/sir)