Monday, 24 June 2019

Termasuk Sepeda Motor

Pemudik Gunakan Kendaraan Pribadi Menurun

Jumat, 2 Agustus 2013 — 18:44 WIB
nurundras28

JAKARTA (Pos Kota) – Pudik Lebaran yang menggunakan kendaraan pribadi mobil dan sepeda motor tahun ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Itu disampaikan Menteri Perhubungan EE Mangindaan usai mengikuti Sidang Paripurna yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat siang.

Penurunan ini, menurut Mangindaan, karena ada imbauan agar sepeda motor tidak digunakan untuk mudik, cukup ada perhatian, disamping itu pelayanan kita pada moda bus, kereta api, udara dan kapal semakim baik. “Pelayanan memang lebih utama, dan tarifnya, kami jamin tidak ada naik,” tutur dia.

Ia mengatakan penurnan untuk mobil pribadi 8 persen, sepeda motor 10,8 persen. “Memang angka penurunannya kelihatan kecil tapi itu ratusan ribu jumlahnya,” tutur Mangindaan.

Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan yang sama, bahwa penurunan jumlah pemudik menggunakan sepeda motori sejalan dengan peningkatan pelayanan moda transportasi umum yang makin baik.

“Ini konsekuensi dari pelayanan angkutan kereta api dan peningkatan angkutan udara. Walaupun pemudik meningkat, yang menarik angkutan gratis meningkat tajam daripada tahun lalu,” kata Hatta di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat.

Presiden SBY dalam sambutannya akan mengecek di lapangan, sejumlah obyek yang akan menjadi arus mudik Lebaran. “Saya akan saya cek langsung pada hari Senin,” kata SBY.

Presiden mengingatkan, tiga atau empat hari sebelum Idul Fitri hampir pasti lalu lintas akan padat dan semua kegiatan pelayanan dan pengamanan telah berjalan secara penuh.

“Oleh karena itu sekarang ini kita betul-betul melakukan final check atas semua yang telah kita rencanakan,” tutur SBY saat memimpin rapat kesiapan mudik Lebaran. (Johara)

Teks : Gubernur Jokowi salami peserta mudik bareng