Thursday, 22 November 2018

Jalur Pantura Padat, Kendaraan Dialihkan Melalui Sadang

Sabtu, 3 Agustus 2013 — 13:28 WIB
sadang-padat

PURWAKARTA (Pos Kota) – Buntut kepadatan arus mudik di pantura Subang, polisi memberlakukan pengalihan di sejumlah jalur mudik, Sabtu (3/8/2013) pagi ini.

Pantauan Pos Kota, pengalihan jalur diberlakukan mulai di KM 66 Tol Jakarta-Cikampek. Petugas pengurai di KM 66, membagi derasnya arus mudik dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur ke jalur tengah Sadang-Kalijati. Gerbang Tol (GT) Cikopo sudah diberlakukan buka tutup sejak Sabtu dinihari, dengan memperhatikan kepadatan di jalur pantura Subang.

“Pemberlakuan buka tutup sewaktu waktu dengan tak lepas memantau kepadatan di pantura Subang,” jelas AKP Sunarso, Kasubag Humas Polres Purwakarta di GT Cikopo, Sabtu pagi.

Pemudik bertujuan Jateng yang dialihkan ke jalur tengah sekeluarnya di GT Sadang melaju merayap sampai pertigaan Cimaung. Polisi “membarikade” mulai Simpang Sadang sampai Pertigaan Cimaung.

Akibat terjadi kepadatan di jalur tengah Sadang-Kalijati, arus dari Subang menuju Sadang dialihkan ke jalur alternatif Cimaung-Jalan Irigasi-Jembatan layang Sadang, kemudian masuk GT Sadang. Di jalur ini, masuk pula bus bus dari Jawa, seperti plat AA, AB, R, H, G, dan E. “Iya pak, kendaraan kami dialihkan melalui jalur tengah karena pantura saat ini padat,” tutur Wasino, bus jurusan Jogjakarta-Jakarta.

Sunarso memprediksi, kepadatan ini akan terus berlangsung hingga tengah malam nanti. Peningkatan gelombang arus mudik didasari mulai masuknya cuti bersama PNS dan libur anak sekolah. Puncak arus mudik sendiri di wilayahnya diperkirakan pada H-3. (dadan/yo)