Sunday, 18 November 2018

Memasuki H-4 Lebaran

Arus Lalin Ramai Lancar di Sukabumi

Minggu, 4 Agustus 2013 — 17:36 WIB
suka-sub

SUKABUMI (Pos Kota) – Arus lalu-lintas (lantas) kendaraan pemudik di lintasan Sukabumi, Jawa Barat memasuki H-4 Lebaran terpantau ramai lancar, Minggu (4/8). Kendati  jumlah kendaraan melonjak namun kenaikannya belum signifikan.  Pengalihan arus lalin ke beberapa ruas jalan alternatifpun belum dilakukan petugas kepolisian setempat.

Pantauan Pos Kota, kendaraan pemudik kebanyakan datang dari arah Jabodetabek. Beberapa kendaraan berplat nopol B sudah banyak terlihat sejak pagi hingga siang hari.

suka-tengah
Para pemudik mulai terjebak kemacetan di beberapa titik pusat perbelanjaan. Mulai di depan Pasar Cicurug, Parungkuda, dan Cibadak. Namun, secara umum kepadatan arus bisa terurai dengan banyaknya petugas kepolisian, dishub, dan instansi lainnya yang mengatur laju kendaraan.

“Sampai hari ini memang sudah ada peningkatan kendaraan. Namun belum siginifikan dan masih bisa teratasi. ” kata Kasatlantas Polres Sukabumi, AKP Zainul Arifin kepada Pos Kota.

Dijelaskan Zainul, di lintasan utara yang merupakan jalur utama pemudik diterjunkan sebanyak 350 personil. Ratusan petugas itu tersebar mulai pintu masuk ke Sukabumi dari Bogor untuk mengatur arus lalin.

“Dari 600 personil yang diterjunkan pada Ops Ketupat Lodaya 2013, hampir setengahnya disiagakan di lintasan utara. Jumlah ini belum dibantu dishub dan lainnya. Dengan banyaknya petugas ini diharapkan dapat mengatur arus lalin dan memberikan kenyamanan kepada pengendara,” urainya.

Sementara itu, Alamsyah salah seorang pemudik dari Bogor mengaku secara umum lintasan di utara Sukabumi lancar. Namun, dia mengeluhkan ketika melewati Cicurug, tepatnya di Pasar Cicurug.

“Semuanya lancar hanya di Cicurug terpaksa merayap. Setelah melewati Cicurug baru benar-benar lancar dan jalannya juga sudah bagus. Kalau di Pasar Parungkuda tak begitu merayap termasuk di Pasar Cibadak,” aku pemudik tujuan Cianjur yang menggunakan roda empat ini.

(sule/sir)