Monday, 17 December 2018

Ditpolair Kawal Pemudik di Bakauheni

Minggu, 4 Agustus 2013 — 16:39 WIB
koesma-sub

LAMPUNG (Pos Kota) – Untuk pengawalan para pemudik yang menggunakan kapal ro-ro, dit Pol Air Polda Lampung  siaga dengan 1 kapal rider, 19 kapal patroli, 2 perahu karet, 6 kapal patroli polres Lampung Selatandan 1 kapal talkboat ASDP,  Pandu Kapal penumpang Rol and Rol (ro-ro) hingga ke Selat Sunda sejak  H-6 hingga H+7.

Tidak hanya pengawalan atau memandu kapal ro-ro hingga pintu  masuk dan pintu keluar di wilayah perairan Selat Sunda, personel Ditpol Air yang di lengkapi radio kontek serta dan GPS untuk mengetahui koordinat kapal ro-ro juga telah disiaga di beberapa alur laju kapal ro-ro untuk mengantisipasi kemungkinan laka laut dan cuaca buruk. Selain rambu-rambu yang telah terpasang di alur pintu masuk dan keluarnya kapal penumpang ro-ro.

Direktur Polair Polda Lampung, Kombes Pol. Edion mengatakan,”pihaknya telah siap siaga menjaga perairan Pelabuhan Bakauheni. Ini demi tugas meski dirinya harus menunda lebaran bersama keluarga. Pihaknya tidak menginginkan peristiwa tragedi tenggelamnya KMP Bahuga Jaya terulang kembali. “Itulah makanya personel dan kapal-kapal telah di tempatkan untuk berjaga di beberapa titik rute kapal ro-ro,”kata Edion.

Polair Polda Lampung juga telah melakukan koordinasi dengan Pol Air Polda Banten yang berjaga di Pelabuhan Merak, Banten.

Sementara itu, arus mudik pada H-6 hingga H-5, situasi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan,kini mulai nampak padat, namun masih dalam tahap situasi dan kondisi di pelabuhan dan jalan terlihat lancar.

(koesma/sir)