Saturday, 29 April 2017

Harga Cabai Naik Setiap Hari

Senin, 5 Agustus 2013 — 22:52 WIB
baimerah58

INDRAMAYU (Pos Kota) – Harga cabai merah di Indramayu naiknya setiap hari. Jika Minggu (4/8) harga cabai merah sudah Rp38 ribu Kg, Senin (5/8) harganya naik lagi hingga tembus Rp50 ribu per Kg.

Melambungnya harga cabai merah di sejumlah pasar daerah di Indramayu disebabkan tingginya permintaan menjelang Lebaran 1434 H ditambah tersendatnya pasokan dari tengkulak.

Kasman, 46 tengkulak di Pasar Jatibarang mengemukakan, dalam kondisi normal pasokan cabai merah hasil panen petani lokal Indramayu mencapai lebih 4 ton perhari, sekarang menurun hampir separuhnya. Dampaknya harga jual eceran cabai merah di pasar pasar Indramayu melonjak.

Disebutkan, cabai merah itu biasanya dijual melalui beberapa tangan. Mula mula tangan pengepul langsung dari petani, kemudian ke tangan agen satu dan agen dua (besar) baru ke tengkulak, pedagang pasar, pedagang eceran pasar, bakul baru sampai ke konsumen.

Pedagang meperkirakan pergerakan harga cabai merah akan terus berlanjut seiring makin dekatnya Lebaran. Pergerakan harga cabai merah berakhir hingga sehari menjelang lebaran. Hari Selasa (6/8/ merupakan puncak tertinggi harga cabai merah yang dijual para pedagang di sejumlah pasar tradisionil di Indramayu.(taryani)