Saturday, 22 September 2018

Pemudik Naik Bus Dari Bandung Menurun Drastis

Rabu, 7 Agustus 2013 — 16:23 WIB
lewipanjang78

BANDUNG (Pos Kota) – Angkutan mudik Lebaran di Terminbal Bus Cicaheum dan Leuwipanjang, di Kota Bandung tergolong aman dan lancar. Setiap pemudik datang dua sampai tiga bus sudah siap mengantar mereka sampai tempat tujuan. Dengan adanya pelayanan seperti itu, sama sekali tak menimbulkan penumpukan pemudik di kedua terminal. Petugas terminal nampak santai menghadapi puncak arus mudik.

“Semuanya berjalan lancar. Tidak ada masalah. Tak ada pemudik yang terlantar. Justeru bis di kedua terminal yang terlantar,“ kata Kepala Terminal Cicaheum Bandung ,Jujun Junaedi, Rabu.

Jujun menjelaskan, Lebaran tahun ini penumpang turun drastis. Calon penumpang hanya berjumlah 10 ribu, di titik puncak Selasa kemarin. Sedang hari sama di tahun lalu jumlah penumpang mencapai 20 ribu. “ Penumpang di hari puncak mudik cukup dilayani 350 armada saja. Padahal armada yang disipakan hampir 50 persenya terlantar lantaran kesulitan penumpang,“ ujar Jujun.

Begitu pun di Terminal Leuwipanjang Bandung. Jumlah pemudik Lebaran tahun ini turun drastis. “Pemudik tak sebanding dengan jumlah bus,“ tandas Kepala Terminal Leuwipanjang Erik Sujana, Rabu.

Dia menjelaskan Selasa, yang menjadi puncak mudik, jumlah penumpang yang naik dari Leuwipanjang, mencapai 11 ribu orang. Sedang bus yang disiapkan untuk mengangkut pemudik berjumlah 550 unit. “ Jumlah itu cukup diangkut dengan 50 persen dari jumlah armada, 50 persen armada lainya terlantar karena tak kebagian penumpang,“ tandas Erik.

Meski begitu, baik Erik maupun Jujun seirama tetap siap khawatir ada serangan lonjakan pemudik Lebaran. “ Kami tetap waspada, meski pemudik tergolong menurun. Kami tegaskan bus yang terlantar bukan penumpang yang terlantar,“ kata Erik lagi. (Dono)