Tuesday, 18 September 2018

Angkut Arus Balik, Pemerintah Siapkan Dua Kapal

Sabtu, 10 Agustus 2013 — 21:31 WIB
Kapal Pelni-n

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah kembali menyiapkan dua kapal KM Dobon Solo, Pelni dan KRI Banda Aceh, TNI AL untuk mengangkut arus balik dari Semarang tujuan Jakarta.

Dirjen Perhubungan Laut  Bobby R Mamahit mengatakan penjemputan para pemudik ini akan dilakukan pada tanggal 12 Agustus 2013  pukul 16.00 di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang menggunakan KM Dobon Solo.

Sedangkan untuk KRI Banda Aceh diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas  menuju Pelabuhan Tanjung Priok,  pada  13 Agustus 2013 pukul 10.00.

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan kedua kapal yang disiapkan pemerintah secara gratis ini bisa mendaftarkannya di Pos Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang hingga sehari sebelum pemberangkatan atau sampai kuota kapal terpenuhi.

“Ini bebas siapa saja boleh daftar lagi, termasuk yang sebelumnya tidak terdaftar bisa mendaftarkan diri tanpa dipungut biaya apapun,” kata Bobby. “Ini komitmen kami sebagai penyelenggara negara dalam rangka mengurangi resiko kecelakaan di jalan dan beban jalan raya disepanjang jalur pantura.”

Dia menambahkan sebelumnya telah selesai pemberangkatan arus mudik secara gratis menggunakan kedua kapal dengan empat kali pemberangkatan dari pelabuhan Tanjugn Priok dengan mengangkut  sebanyak 4.302 motor dan 6.652 penumpang pemilik kendaraan.

“Jika dibandingkan tahun lalu, ada peningkatan 100 persen peserta mudik menggunakan kapal laut, kendati hanya terisi 60-70 persen setiap kali pemberangkatan,” kata dirjen. (dwi/d)