Tuesday, 25 September 2018

Arus Balik Ramai, Kendaraan Wisatawan Padat Merayap

Sabtu, 10 Agustus 2013 — 19:48 WIB
Lebaran Sukabumi-n

SUKABUMI (Pos Kota) – Arus lalu-lintas kendaraan wisatawan padat merayap di Sukabumi, Jawa Barat. Sementara arus balik terpantau ramai lancar, Jumat (10/8).

Pantauan Pos Kota, kepadatan arus kendaraan terjadi dari arah Jakarta. Laju kendaraan merayap hingga beberapa kilometer mulai dari Parungkuda hingga Cibadak. Mayoritas kendaraan tersebut merupakan wisatawan yang hendak ke arah Pelabuhanratu.

Terlihat beberapa petugas kewalahan dengan banyaknya kendaraan wisatawan mulai roda dua dan empat. Pemicunya kepadatan arus  hampir terjadi di tiap pertigaan jalan karena banyaknya keluar-masuk kendaraan. Kondisi tersebut mengakibatkan laju kendaraan tersendat.

Kondisi sebaliknya terjadi pada arus balik. Terpantau ramai lancar dari arah Sukabumi ke Jakarta. Penumpukan kendaraan hanya terlihat di beberapa titik seperti di tiap pertigaan. Namun kondisi tersebut tak sepadat arus wisatawan.

“Dari Cibadak ke Parungkuda satu jam lebih. Padahal kalau normal paling sekitar setengah paling lama juga. Ini akibat banyak wisatawan dari arah Jakarta,” keluh pengendara roda empat, Muhidin.

Sementara itu, padat merayapnya kendaraan di jalur lintasan utama mengakibatkan dua ruas jalan alternatif menjadi ramai. Kendati demikian, dua ruas jalan alternatif yakni Cicurug- Parungkuda dan Cibadak-Karangtengah belum bisa mengurai kemacetan.

Kondisi kepadatan arus kendaraan masih terjadi hingga petang ini. Diprediksi kondisi ini akan berlanjut hingga malam hari seiring bertambahnya jumlah arus wisatawan. (sule/d)