Tuesday, 25 September 2018

Arus Lalulintas ke Anyer Macet

Sabtu, 10 Agustus 2013 — 14:41 WIB
keanyer108

ANYER (Pos Kota) – Pantai di Provinsi Banten masih menjadi primadona bagi wisatawan yang ingin menikmati panorama pantai. Namun sempitnya infrastruktur jalan, mengakibatkan lokasi wisata pantai di Banten ini dikepung kemacetan, Sabtu (10/8). Selain jalur sempit, penyebab antrian inipun disebabkan karena banyak pengemudi memarkirkan kendaraannya dibahu jalan.

Antrian panjang terjadi di jalur menuju Pantai Anyer, tepatnya di Jalan Raya Anyer-Kota Cilegon sepanjang lebih dari 10 km. Begitupun arus kendaraan wisatawan yang hendak berlibur ke Pantai Tanjung Lesung dan Carita, harus merayap di Jalan Raya Serang – Pendeglang sepanjang lebih dari 5 kilometer.

“Gila…udah hampir satu jam, mobil bergerak cuma 50 meter. Kapan mau nyampe ke Anyernya nih, sekarang aja masih ada di Kota Cilegon,” ujar Teguh, 37, warga Balaraja, Kab. Tangerang.

Menurut karyawan swasta ini, dirinya sudah mengira bakal terjebak macet. Namun karena desakan isteri dan kedua anaknya yang ingin berlibur ke Pantai Anyer, terpaksa harus berangkat juga. “Saya sih maunya Sabtu depan pikniknya biar lancar. Tapi ini kemauan keluarga. Kalau sudah begini mau apalagi, nanggung daripada kembali pulang,” kata Teguh.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang, Hardomo mengatakan membludaknya wisatawan ke Pantai Anyer maupun Tanjung Lesung, selain karena sudah didukung dengan infrastruktur jalan yang bagus juga disebabkan pendeknya waktu libur lebaran. “Mungkin masyarakat tahu, jalan ke Anyer sudah bagus. Jadi dari pada pergi jauh mereka memilih ke Anyer. Lagian libur lebaran tahun ini sangat pendek,” kata Hardomo yang juga menjabat sebagai General Manager Pisita Resort.

Hardomo mengimbau kepada para pengelola hotel dan restoran serta para pengelola tempat wisata sekitar pantai agar menjaga kebersihan. “Supaya para pengunjung jadi nyaman. Kalau sudah tertanam budaya bersih, wisata di Banten tidak akan kalah dengan tempat-tempat lain,” paparnya. (haryono)

Teks : Kendaraan berplat B padati tempat wisata Anyer, Banten