Monday, 22 January 2018

Liga Primer Gunakan Teknologi Garis Gawang

Sabtu, 10 Agustus 2013 — 8:09 WIB
garisga108

LONDON (Pos Kota) – Keputusan wasit terkait lewat atau tidaknya bola dari garis gawang rupanya masih menjadi masalah di Liga Primer Inggris saat ini. Namun seperti yang dilansir Daily Mail, hal itu tampaknya tidak akan terjadi lagi musim 2014-2015 setelah salah satu liga terbesar di dunia itu bakal menerapkan Goal-Line Technology atau teknologi garis gawang.

Menurut salah seorang wasit di Liga Primer, Anthony Taylor, teknologi tersebut akan sangat membantu kerja wasit di lapangan. “Saya ragu akan ada orang yang menentang sebuah sistem yang memberikan bukti bahwa bola jelas telah melewati garis gawang atau tidak. Kebanyakan dari orang yang terlibat dalam sepak bola memang menginginkan teknologi seperti ini,” jelas Taylor yang kemudian menjelaskan cara kerja teknologi garis gawang tersebut.

Dalam penjelasannya, Taylor juga mempraktekkannya dalam sebuah demonstrasi di Stadion Emirates, kandang Arsenal. Ketika ia membawa bola dan menaruhnya melewati garis gawang, jam tangan khusus yang ia gunakan bergetar dan menunjukkan tulisan ‘Goal’ pada layarnya. Berbeda ketika bola belum sepenuhnya melewati garis gawang. Tak akan ada reaksi yang diberikan oleh teknologi tersebut yang menandakan belum tercipta sebuah gol. “Sistemnya sangat luar biasa. Ada tujuh kamera yang terletak di tribun penonton dan lurus dengan gawang,” lanjutnya.

“Ketika bola melewati garis, maka sebuah mesin di pergelangan tangan saya ini akan berkata bahwa telah terjadi gol. Ini adalah transmisi otomatis dari kamera. Selain itu, teknologi ini juga tidak menggunakan wi-fi atau bluetooth yang jelas akan berpengaruh ketika 70 ribu penonton membawa ponsel mereka ke dalam stadion,” tuntasnya yang sangat optimis dengan teknologi baru yang akan diterapkan di Liga Primer Inggris itu musim depan. (junius).