Sunday, 23 September 2018

Menteri PU Klaim Arus Mudik Tahun Ini Lebih Baik

Senin, 12 Agustus 2013 — 22:13 WIB
rusbali128

JAKARTA (Pos Kota)-Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menilai arus mudik tahun ini jauh lebih baik dibanding tahun lalu. Kerjasama yang baik antaraparat dan masyarakat serta pembangunan infrastruktur yang telah selesai berpengaruh positif terhadap kelancaran arus kendaraan.

“Kinerja aparat kepolisian yang baik serta masyarakat yang lebih taat aturan ternyata membuat arus lalu lintas menjadi bertambah lancar,” katanya di sela-sela acara Halal bi Halal jajaran Kementerian PU, kemarin.

Menurut Djoko, pengendara mobil dan sepeda motor tahun ini relatif lebih mudah diatur sehingga tidak seenaknya saling serobot. Demikian juga pasar tumpah yang terdapat di sejumlah lokasi relatif mudah diatur sehingga tidak menutup jalan.

Sedangkan dari segi infrastruktur lokasi yang selama ini menjadi titik pusat kemacetan seperti Nagrek, Kabupaten Bandung dan Gentong, Tasikmalaya telah diselesaikan jalur lingkarnya. Dengan demikian kawasan tersebut bisa dibuat menjadi satu arah sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Menteri PU mengakui tahun ini nyaris tidak ada keluhan dari masyarakat akibat adanya penyumbatan arus di titik tertentu. Adanya pemhurangan kecepatan kendaraan akibat membludaknya arus mudik dianggap masih dalam tahap wajar.

“Adanya entrean kendaraan yang cukup panjang saya nilai masih dalam tahap wajar. Tetapi yang jelas tidak ada kendaran yang tidak bisa bergerak sama sekali akibat adanya hambatan di jalan,” tambahnya.

Pengoperasian sementara jalan Tol Ungaran-Bawen di Semarang dinilai Menteri PU sangat membantu. Kendati kendaraan harus melalui jalan yang belum tuntas dikerjakan tetapi sudah cukup membantu. (faisal)

Teks : Arus balik memadati Terminal Pulogadung (julian)