Indahnya Waduk Pluit

Rabu, 14 Agustus 2013
taman-waduk-pluit

PENJARINGAN (Pos Kota) – Siapa yang sangka, bantaran Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, yang dulunya kumuh dengan deretan rumah di atas air kini berubah 180 derajat. Taman indah dikelilingi pepohonan telah menghiasi kawasan tersebut.

“Bisa jadi bagus seperti ini ya, coba dari dulu. Habis diperbaiki pemandangannya jadi indah banget, air waduk-nya jadi terlihat,” kata Sarah, salah seorang pengguna jalan yang menyempatkan diri turun untuk mengabadikan perubahan Waduk Pluit, yang ditemui Selasa (13/8).

Dikatakan Sarah, sebelum dilakukan normalisasi Waduk, hanya ratusan rumah yang tampak . Dirinya tak penah melihat bentuk dari Waduk Pluit yang terhalang bangunan-bangunan semi permanen. “Kalau dulu mah cuma tahu tempatnya saja, air waduk juga nggak terlihat. Beda dengan sekarang ini yang sudah sangat indah,” ujarnya.

Dibangunnya taman tersebut merupakan tahap awal dimulainya pembangunan di sekitar bantaran Waduk Pluit. Pasalnya selain taman, pemprov sendiri berencana membangun penyulingan air bersih, tempat pemancingan, dan kawasan rekreasi. Semua itu sebagai upaya mengembalikan fungsi waduk untuk mengatasi banjir yang terjadi beberapa waktu lalu. “Ini baru pembangunan awal, masih banyak yang akan disediakan untuk mempercantik kawasan ini,” ujar Ketua Koordinator Pelaksana Normalisasi Waduk Pluit, HR Heriyanto, yang dihubungi Pos Kota.

Menurutnya, normalisasi yang dilakukan Pemprov DKI dengan mengembalikan fungsi lahan pastinya akan dikembalikan untuk warga. Dimana mereka dapat terus melakukan sosialisasi dan berinteraktif di tempat yang sebagai mana mestinya. “Kalau ini sudah dikerjakan pastinya warga juga akan menikmati. Masyarakat juga sekarang sudah merasakan kegunaannya,” tambahnya.

Karena itulah, ia meminta kepada masyarakat terus mendukung program normalisasi. Dengan bersedia dipindahkan ke rumah susun dirasa sebagai salah satu bentuk dukungan atas program pemprov. “Sosialisasi terus kami lakukan, hingga saat ini ada puluhan warga yang telah mengantri untuk dipindahkan ke rumah susun,” paparnya.

UPACARA KEMERDEKAAN

Ditambahkan Camat Penjaringan Rusdiyanto, semakin baiknya kawasan bantaran Waduk Pluit, lokasi tersebut akan dijadikan sebagai tempat upacara dan perayaan kemerdekaan 17 Agustus. Berbagai kegiatan akan digelar dipinggir waduk yang saat ini sudah terlihat sangat asri. “Selain upacara, berbagai perlombaan akan digelar disini. Rencananya 10 pohon panjat pinang akan disipakan disini,” kata dia.

Ia pun mengharapkan, kepada masyarakat sekitar untuk dapat datang berbondong-bondong menhadiri perayaan kemerdekaan itu. Dimana dari datangnya mereka, dirasa dapat membuka mata hari warga akan keindahan yang didapat dari kawasan yang dulunya kumuh dengan deretan rumah-rumah liar. “Mungkin dengan kegiatan yang akan kita gelar dapat membuat warga semakin sadar bahwa kita punya kawasan yang sangat indah,” ungkapnya. (Ifand)

taman-waduk-pluitTeks : Beberapa warga memanfaatkan taman yang dibangun di bantaran Waduk Pluit.

Terbaru
Terpopuler
Dapat Penghargaan Saat Sumpah Pemuda
Afgan Jadi Pemuda Pelopor Menpora
Rabu, 22 Oktober 2014
Lainnya
Sangat Membahayakan
Jalan Puri Kencana Jakbar Bergelombang dan Ambles
Rabu, 22 Oktober 2014
Jakarta
Agama
Pembunuhan Satu Keluarga
Pelaku Ngaku Kesal Sering Dituduh Mencuri
Rabu, 22 Oktober 2014
Pembunuhan dan Penganiayaan
Pelaku Berhasil Ditangkap
Satu Keluarga Dibunuh Mantan Karyawan
Rabu, 22 Oktober 2014
Pembunuhan dan Penganiayaan
Setelah Setahun Menghilang
Gadis Korban Perdagangan Manusia Ditemukan di Malaysia
Rabu, 22 Oktober 2014
Jabar
Modus Pura-Pura Numpang
Tujuh Pelaku Spesialis Perampas Truk Dibekuk
Rabu, 22 Oktober 2014
Perampokan dan Pencurian
Kapolri Jenderal Sutarman
16 Personel Polri Gugur Selama Amankan Pemilu
Rabu, 22 Oktober 2014
Hankam
Dalam Suatu Acara Tradisi
Pangarmatim Terima 35 Perwira Remaja
Rabu, 22 Oktober 2014
Hankam
Dirawat di Rumah Sakit
Rumah dan Mobil Terbakar di Cimanggis, Tiga Orang Gosong
Rabu, 22 Oktober 2014
Peristiwa

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.