Indahnya Waduk Pluit

Rabu, 14 Agustus 2013 — 8:49 WIB

PENJARINGAN (Pos Kota) – Siapa yang sangka, bantaran Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, yang dulunya kumuh dengan deretan rumah di atas air kini berubah 180 derajat. Taman indah dikelilingi pepohonan telah menghiasi kawasan tersebut.

“Bisa jadi bagus seperti ini ya, coba dari dulu. Habis diperbaiki pemandangannya jadi indah banget, air waduk-nya jadi terlihat,” kata Sarah, salah seorang pengguna jalan yang menyempatkan diri turun untuk mengabadikan perubahan Waduk Pluit, yang ditemui Selasa (13/8).

Dikatakan Sarah, sebelum dilakukan normalisasi Waduk, hanya ratusan rumah yang tampak . Dirinya tak penah melihat bentuk dari Waduk Pluit yang terhalang bangunan-bangunan semi permanen. “Kalau dulu mah cuma tahu tempatnya saja, air waduk juga nggak terlihat. Beda dengan sekarang ini yang sudah sangat indah,” ujarnya.

Dibangunnya taman tersebut merupakan tahap awal dimulainya pembangunan di sekitar bantaran Waduk Pluit. Pasalnya selain taman, pemprov sendiri berencana membangun penyulingan air bersih, tempat pemancingan, dan kawasan rekreasi. Semua itu sebagai upaya mengembalikan fungsi waduk untuk mengatasi banjir yang terjadi beberapa waktu lalu. “Ini baru pembangunan awal, masih banyak yang akan disediakan untuk mempercantik kawasan ini,” ujar Ketua Koordinator Pelaksana Normalisasi Waduk Pluit, HR Heriyanto, yang dihubungi Pos Kota.

Menurutnya, normalisasi yang dilakukan Pemprov DKI dengan mengembalikan fungsi lahan pastinya akan dikembalikan untuk warga. Dimana mereka dapat terus melakukan sosialisasi dan berinteraktif di tempat yang sebagai mana mestinya. “Kalau ini sudah dikerjakan pastinya warga juga akan menikmati. Masyarakat juga sekarang sudah merasakan kegunaannya,” tambahnya.

Karena itulah, ia meminta kepada masyarakat terus mendukung program normalisasi. Dengan bersedia dipindahkan ke rumah susun dirasa sebagai salah satu bentuk dukungan atas program pemprov. “Sosialisasi terus kami lakukan, hingga saat ini ada puluhan warga yang telah mengantri untuk dipindahkan ke rumah susun,” paparnya.

UPACARA KEMERDEKAAN

Ditambahkan Camat Penjaringan Rusdiyanto, semakin baiknya kawasan bantaran Waduk Pluit, lokasi tersebut akan dijadikan sebagai tempat upacara dan perayaan kemerdekaan 17 Agustus. Berbagai kegiatan akan digelar dipinggir waduk yang saat ini sudah terlihat sangat asri. “Selain upacara, berbagai perlombaan akan digelar disini. Rencananya 10 pohon panjat pinang akan disipakan disini,” kata dia.

Ia pun mengharapkan, kepada masyarakat sekitar untuk dapat datang berbondong-bondong menhadiri perayaan kemerdekaan itu. Dimana dari datangnya mereka, dirasa dapat membuka mata hari warga akan keindahan yang didapat dari kawasan yang dulunya kumuh dengan deretan rumah-rumah liar. “Mungkin dengan kegiatan yang akan kita gelar dapat membuat warga semakin sadar bahwa kita punya kawasan yang sangat indah,” ungkapnya. (Ifand)

taman-waduk-pluitTeks : Beberapa warga memanfaatkan taman yang dibangun di bantaran Waduk Pluit.

  • lisa

    tuh…kalau benar-benar kerja buat rakyat yg sulit bisa jadi mudah kan?! hidup jokowi-ahok

    • priyanto

      Salut ….; untuk Jokowi Ahok, ayo bangun Jakarta dengan hati nurani, Jakarta milik semua, rakyat Jakarta harus menjaga dengan kesadaran yang tinggi, karena Jakarta barometernya Indonesia…, hidup Jokowi Ahok

  • bawono

    Pesan pengawasan..!
    Semua pihak harus ingat…,ingat….!
    Sekitar tahun 1987 an daerah ini khususnya tepian
    WADUK PLUIT, dulu pernah mendapat julukan

    WC TERPANJANG DIDUNIA..tersiar sampai ke Inggris.

    pasalnya hampir setiap penduduk disekitar itu
    BAB nya ya disitu ditepian WADUK.
    Aromanya sepanjang waktu. Apalagi habis hujan

    panas panas dikit, atau habis panas hujan rintik2
    Waaaaaah, polusinya sangat menyesakkan nafas.
    Pak Pol PP mesti waspada hal itu jangan yang sudah indah

    malah dimanfaatkkan seperti itu lagi.

  • heriadut

    hebat jokowi ahok.turutan tah kota bandung.minimal beresan kaki lima nu aya di pasar baru jeung tegalega

  • ibrahim_ronny@yahoo.com

    kita pants ajungin jempol jojowi,warga disekitanya udah tergusur sewbagian blm dapat tempat yg dijanjikan….???

Terbaru
Terpopuler
Minggu, 28 Juni 2015 — 8:27 WIB
Jakarta
Minggu, 28 Juni 2015 — 7:45 WIB
Internasional
Minggu, 28 Juni 2015 — 7:34 WIB
Sosbud
Minggu, 28 Juni 2015 — 7:30 WIB
Sosbud
Minggu, 28 Juni 2015 — 7:25 WIB
Jakarta
Minggu, 28 Juni 2015 — 7:22 WIB
Ekonomi
Minggu, 28 Juni 2015 — 7:12 WIB
Hadapi Argentina di Semifinal Piala Amerika
Paraguay Singkirkan Brasil Lewat Adu Pinalti
Bola
Minggu, 28 Juni 2015 — 6:44 WIB
Peristiwa
Minggu, 28 Juni 2015 — 6:35 WIB
Perampokan dan Pencurian