Sunday, 18 November 2018

Kasad dan Gubernur DKI Susuri Ciliwung Pakai Perahu Karet

Kamis, 15 Agustus 2013 — 15:06 WIB
kasad-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Moeldoko bersama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Wakil Menteri PU Achmad Hermanto Dardak, Pangdam Jaya Mayjen TNI E. Hudawi Lubis dan Kadispenad Brigjen TNI Rukman Ahmad menyusuri Kali  Ciliwung dengan menggunakan Landing Craft Rubber (LCR) atau perahu karet.

Perahu yang membawa para pejabat tersebut berangkat dari jembatan lama Kalibata menuju Bidara Cina dalam rangka meninjau langsung pelaksanaan Karya Bakti skala besar pembersihan Sungai Ciliwung oleh personel dari TNI Angkatan Darat, Pemda DKI Jakarta, Organisasi Masyarakat (Ormas) seperti FKPPI, PPM, Menwa, Pramuka dan Mitra Jaya, serta masyarakat umum dengan jumlah total sekitar 10.000 orang.

Wilayah pelaksanaan Karya Bakti meliputi daerah Tanjung Barat sampai dengan Pademangan, yang dibagi menjadi 5 sektor. Sektor-I dari Tanjung Barat sampai dengan Bidara Cina; Sektor-II  dari Bidara Cina – Kampung Melayu sampai dengan  Kampung Pulo ; Sektor-III dari Kampung Pulo – Manggarai sampai dengan Jalan Tambak;  Sektor-IV dari Jalan Tambak sampai dengan Masjid Istiqlal; dan Sektor-V dari Masjid Istiqlal sampai dengan Pademangan. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain membersihkan sampah di sepanjang sungai, pendalaman sungai, dan penanaman pohon di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung.

Sebelumnya, dilaksanakan apel kesiapan pelaksanaan Karya Bakti yang diikuti oleh perwakilan dari beberapa Satuan TNI AD, Pemda DKI Jakarta, Ormas dan masyarakat umum yang terlibat.

Kasad dalam amanatnya memberikan motivasi kepada peserta apel dari TNI Angkatan Darat dengan mengatakan agar TNI AD jangan pernah ragu-ragu untuk memberikan Darma Baktinya untuk membantu Pemerintah Daerah. “Bantu Pemda dengan penuh semangat dalam kegiatan yang baik ini, selamat bekerja,” ujar Kasad.

Lebih lanjut, Kasad menyampaikan “Saya dengan prajurit Angkatan Darat akan berikan bantuan sepenuhnya kepada Pemerintah DKI dan seluruh masyarakat Indonesia karena ini merupakan bagian program Angkatan Darat secara keseluruhan”.

Dua bulan yang lalu, TNI AD telah melakukan Karya Bakti serupa dengan melibatkan 10.000 prajurit di Surabaya, selanjutnya di Kalimantan, dan kali ini di Jakarta. Selanjutnya, Kasad dan Gubenur DKI Jakarta sepakat bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan secara terus-menerus tidak hanya sekali saja.

“Saya diskusi dengan Pak Wamen dan Gubernur, kalau diluar negeri, sungai itu menjadi peluang, tapi di dalam negeri sungai ini menjadi ancaman, ini harus kita pikirkan bersama,” jelas Kasad.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, mulai hari ini akan ada patroli sampah, personelnya dari TNI dan Pemda. “Patroli tiap hari cukup 1 LCR saja, yang kedapatan buang sampah di sungai diberitahu dulu,” ujar Gubernur yang akrab dipanggil Jokowi ini.

Sementara itu, Wamen PU Achmad Hermanto Dardak mengatakan, gerakan pembersihan ini merupakan tertib sungai yang secara fisik bisa dilihat dari berfungsinya sungai dengan baik. “Pembuatan kapasitas Sungai Ciliwung sedang dilakukan, terutama dari Otista 2 sampai ke Manggarai akan ada penambahan kapasitas dan pengerukan sekaligus. Prosesnya sedang dilakukan mulai tahun ini, termasuk kalau airnya tinggi untuk membuang banjir ke sodetan ke Kali  Cipinang dan Kanal Banjir Timur,” jelas Wamen PU.

(dispenad/sir)