Kamis, 15 Agustus 2013 15:03:58 WIB

Bersama Belasan Lainnya

Tarif Tol Jagorawi, Dalam Kota dan JORR Bakal Naik

tol-dalam-kota

JAKARTA (Pos Kota)-Sejumlah ruas tol tarifnya akan dinaikan mulai Agustus dan September 2013.  Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU Ahmad Gani Ghazali Akman mengatakan, operator masing-masing  jalan tol  telah mengajukan dokumen permintaankenaikan tarif sejak dua sampai tiga bulan yang lalu.

“Operator jalan tol akan menaikkan tarif 17 ruas tol mulai semester II 2013 yaitu mulai Bulan Agustus,”katanya.

Menurut Gani,  kenaikan tarif tersebut sesuai dengan Undang-Undang No. 38/2004 tentang jalan yang mengatur kenaikan tarif tol terjadi setiap dua tahun sekali. Besarnya  kenaikan tarif  ditentukan  berdasarkan besaran inflasi yang terjadi di masing-masing wilayah dimana tol tersebut dioperasikan.

Penyesuaian tarif akan diizinkan, apabila jalan tol telah  memenuhi standar pelayanan minumum (SPM) yang merupakan salah satu syarat kenaikan tarif. Gani  mengakui pihaknya  sudah melakukan pengecekan ke lapangan sebelum Idul Fitri beberapa waktu lalu.

Dari pengecekan itu, BPJT akan  memberikan daftar perbaikan yang harus dipenuhi BUJT. ”Kami akan memutuskan kepastian penaikan tarif 17 tol tersebut pada awal September 2013 melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum,” katanya.

Menurut Gani, menyebutkan  ruas tol yang akan mengalami kenaikan harga seperti ruas tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) seksi I akan naik pada Agustus 2013. Kemudian ruas tol yang akan mengalami kenaikan harga pada September 2013 yaitu Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, tol dalam kota, Jakarta Outer Ring Road (JORR), Padalarang-Cileunyi, Cikampek-Purwakarta-Padalarang, Semarang Seksi ABC, Surabaya-Gempol.

Palimanan-Kanci, Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Serpong-Pondok Aren, Tangerang-Merak, Ujung Pandang Tahap I dan II, serta Pondok Ranji-Ulujami. Lalu tarif ruas tol Semarang-Solo, dan Bogor Ring Road (BORR) seksi I akan naik pada November 2013.

(faisal/sir)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.