Saturday, 17 November 2018

Hari Ini Libur Terakhir

Arus Balik Masih Mengalir

Minggu, 18 Agustus 2013 — 9:39 WIB
ilusarus

CIRACAS (Pos Kota) – Arus balik Lebaran 2013 masih terus mengalir di Terminal Bus Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (17/8). Meski pihak terminal menyebutkan puncak arus balik telah terjadi pada H+4 atau Senin (13/8).

“Sampai pukul 14:00 tadi, ada 4.811 pemudik balik melalui terminal ini dengan menggunakan 186 bus. Jumlahnya memang masih akan terus bertambah, tetapi saya kira tidak akan sebanyak di H+4 kemarin yang mencapai 33.909 dengan 651 bus,” kata Kepala Regu Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kampung Rambutan, Simon Ginting, di terminal tersebut, Sabtu (17/8) sore.

Menurut Simon, jumlah pemudik kembali ke Jakarta melalui terminal Kampung Rambutan masih akan terus terjadi hinga Minggu (18/8) malam. Hal itu mengingat mayoritas warga Jakarta mesti kembali bekerja atau bersekolah pada Senin (19/8).

“Kalau Sabtu ini mungkin masih banyak yang ingin memperingati HUT ke-68 Republik Indonesia di kampungnya. Besok pasti banyak yang kembali karena berbarengan dengan hari terakhir liburan sekolah maupun kerja,” ujarnya.

BUS AKAP
Sejauh ini yang tiba kebanyakan hanya bus-bus AKAP dari daerah-daerah jarak menengah atau Jawa Barat. Untuk itu, ia memperkirakan, pada Minggu (18/8) akan didominasi kedatangan bus-bus AKAP yang berasal dari daerah-daerah jarak jauh seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, maupun Sumatra.
“Saat puncak arus balik (Ahad lalu) itu baru didominasi bus-bus yang datang dari sekitar Jawa Barat. Untuk asal Jawa Tengah, Jawa Timur, maupun Sumatra mungkin besok lebih banyak,” ucapnya.
Pemantauan Pos Kota, meski terminal ini masih terus didatangi pemudik, sudah tidak ada lagi pos kesehatan dan pos pengujian kendaraan bermotor (PKB) yang beroperasi. Satu-satunya pos yang ada aktivitasnya hanyalah posko terpadu di depan ruang kepala terminal.

Itupun yang terlihat berjaga hanyalah petugas terminal setempat. Sementara, petugas bantuan dari Polri, Dinas Kesehatan, PMI, maupun pramuka sudah tidak lagi terlihat.

Namun, timpal Simon, pemudik tidak usah khawatir. “Masih ada kami, petugas dari Dinas Perhubungan yang bertugas. Pemudik yang kembali di malam hari juga gak usah takut karena mereka bisa langsung pulang menggunakan angkutan umum yang beroperasi 24 jam di Terminal Dalam Kota Kampung Rambutan,” pungkasnya. (yulian/bu)

TEKS: Sejumlah pemudik dari Cilacap, turun di Terminal Bus AKAP Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (17/8). (yulian)