Friday, 23 August 2019

Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran

Minggu, 18 Agustus 2013 — 12:12 WIB
arus

JAKARTA (Pos Kota) – Hari ini, Minggu (18/8) atau H+10, merupakan puncak arus balik Labaran 2013.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Suroyo Alimoeso yang juga sebagai ketua posko nasional mengatakan hari libur sekolah akan serentak dimulai di wilayah Jabodetabek pada hari Senin (19/8), termasuk pegawai pemerintah yang mengambil cuti akan habis masa cutinya dihari yang sama.

Menurut Suroyo, Minggu kemarin,  kepadatan akan terjadi terutama di jalur-jalur pendek baik di jalur selatan menuju Jakarta seperti dari arah Garut, Tasikmalaya dan Bandung, Jawa Barat. Sedangkan di jalur Pantura terjadi mulai dari arah Tegal dan Cirebon menuju DKI Jakarta.

Sedangkan data di Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2013, puncak arus balik di moda darat telah terjadi pada H+2 atau hari Minggu pekan lalu (11/8) dengan tercatat sebanyak 172.119 kendaraan yang melintas dijalur mudik.
Namun pasca H+2 terjadi penurunan jumlah kendaraan yang melintas baik kendaraan pribadi, angkutan umum atau sepeda motor. Hingga hari  Jumat (16/8) atau H+7 jumlah kendaraan yang melintas di jalur pantura dan jalan lainnya di jalur mudik  tercatat sebanyak 2.287.773 kendaraan.

Suroyo mengatakan, Kemenhub bersama instasi terkait seperti, Kepolisian, TNI, Pemerintah daerah dan dinas perhubungan daerah akan terus memantau arus balik lebaran hingga hari Senin (19/8) mendatang sehingga masyarakat yang masih dalam perjalanan balik dapat sampai dengan selamat sampai tujuannya masing-masing.

(dwi/sir)