Friday, 20 October 2017

Belasa Penghuni Kabur

Napi Lapas di Batubara Sumut Rusuh

Minggu, 18 Agustus 2013 — 21:57 WIB
embason168

MEDAN (Pos Kota) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara rusuh, Minggu (18/8) petang dan diperkirakan puluhan narapidana kabur. Kerusuhan juga menyebabkan dua ruangan di dalam lapas terbakar hingga bagian depan bangunan tersebut.

Informasi yang diterima wartawan di Medan, kerusuhan tersebut dipicu setelah napi terlibat keributan dan membakar ruangan bagian data. Namun, sejauh ini belum ada keterangan resmi dari pihak terkait maupun aparat kepolisian.

Empat unit mobil pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi untuk mencegah meluasnya api yang membakar ruang perkantoran, ruangan para sipir, dan penjagaan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Sumut Kementerian Hukum dan HAM Amran Silalahi membenarkan adanya keributan yang ditimbulkan oleh para narapidana.

“Informasi yang saya terima begitu. Posisi saya sekarang kan masih di Medan. Ini saya akan meluncur kesana (Batubara),” katanya.

Amran mengaku belum mengetahui apa penyebab keributan di Lapas itu. Namun, menurutnya, kejadian berlangsung sekitar pukul 17.00 Wib. (samosir)