Friday, 20 September 2019

Moeldoko Jadi Panglima TNI

Rabu, 21 Agustus 2013 — 18:53 WIB
moeldoko

JAKARTA (Pos KOta) -Komisi I DPR RI akhirnya menyetujui Jenderal Moeldoko menjadi Panglima TNI setelah melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) untuk menggantikan Laksamana Agus Suhartono yang memasuki masa pensiun.

“Sembilan fraksi di Komisi I DPR, semua fraksi memberikan persetujuan terhadap calon Panglima TNI baru yakni Jenderal Moeldoko untuk periode berikutnya,”kata Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq di Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta, Rabu (21/8).

Selain mendapat persetujuan dari sembilan fraksi yang ada di Komisi I DPR, dukungan tersebut juga dikukuhkan dengan adanya surat Keputusan Presiden (Kepres) tertanggal 23 Juli 2013 “Dalam surat Presiden ada pengajuan untuk memberhentikan Laksamana Agus yang telah memiliki jabatan 2 tahun 10 bulan yang memasuki masa pensiun 1 September 2013. Kami telah menyepakati memberikan persetujuan pemberhentian,” kata Mahfudz..

Mahfudz memberikan selamat kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) itu yang lulus tahap uji kelayakan dan kepatutan sebagai Panglima TNI yang baru. “Selamat kepada Moeldoko sebagai Panglima TNI. Komisi I akan segera melaporkan kepada pimp DPR. Laporkan hasil fit and proper test dan akan dibawa ke paripurna 27 Agustus untuk mendapat persetujuan dari rapat paripurna DPR,” ucap Mahfudz. (prihandoko)