Dimulai, Pembangunan Pelabuhan Warnasari di Cilegon

Kamis, 22 Agustus 2013
MoU Pelabuhan Cilegon

CILEGON (Pos Kota) – Pemerintah Kota Cilegon menandatangani nota kesepahaman dengan PT Samudera Indonesia (PT SI) untuk membangun Pelabuhan Warnasari.

Acara penandatangan nota kesepahaman pembangunan pelabuhan yang juga dihadiri Wakil Walikota Cilegon, H Edi Ariadi dan Sekretaris Daerah Kota Cilegon, H Abdul Hakim Lubis ini di ruang rapat Walikota Cilegon, Kamis (22/8).

Walikota Cilegon, Tb Iman Ariyadi menuturkan bahwa pembangunan Pelabuhan Warnasari itu sudah cukup lama direncanakan. Walikota berharap Pelabuhan Warnasari itu akan memberikan manfaat besar dalam mendukung pembangunan Kota Cilegon.

“Kota Cilegon tidak memiliki potensi alam apapun selain laut. Nah, kita gali potensi ini bisa bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dikatakan Walikota, Pemkot Cilegon menginginkan agar proyek pembangunan pelabuhan diatas lahan 45 hektar itu dapat selesai sebelum tahun 2015. “Saya minta kepada PT PCM (Pelabuhan Cilegon Mandiri) dapat membahas ini secara detil dengan Samudera Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT. SI Masli Mulya mengungkapkan bahwa pihaknya menyambut baik atas kerja sama dengan Pemkot Cilegon.

“Ini satu kehormatan besar buat kami. Proyek pembangunan pelabuhan ini sesuai dengan kiprah kami dalam menjalankan usaha. Pembangunannya diperkirakan akan memakan anggaran lebih dari Rp 600 miliar karena akan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang memadai,” ujarnya.

Masli juga menyanjung langkah Pemkot Cilegon untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi daerah. “Kami pastikan, pelabuhan yang akan dibangunan nanti adalah pelabuhan terminal yang modern dan canggih,” imbuhnya.

Direktur PT PCM, Syamsul Rizal menegaskan bahwa nota kesepahaman itu baru langkah awal dari Pemkot untuk memiliki pelabuhan. Katanya, jika PT SI bisa menyelesaikan uji kelayakan dalam tiga bulan ke depan maka akan dilanjutkan dengan kontrak kerja. “Kalau mereka tidak sanggup, kita cari investor lain,” jelasnya. (haryono/d)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.