Minggu, 25 September 2016

Kasad Buka Latihan Pembentukan 3 Batalyon Raider Baru

Jumat, 23 Agustus 2013 — 13:42 WIB
kasad-1-sub

BANDUNG (Pos Kota) – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Moeldoko membuka latihan pembentukan tiga Batalyon Raider baru di jajaran TNI Angkatan Darat bertempat di Komplek Latihan Gunung Bohong, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Tiga Batalyon Raider baru yang dibentuk itu adalah Batalyon Raider 111 Kodam I/IM, Batalyon Raider 411 Kostrad dan Batalyon Raider 641 Kodam XII/TPR. Setelah secara resmi dibentuk, ketiga Batalyon Raider tersebut akan melaksanakan latihan selama tiga bulan untuk mendapatkan kualifikasi raider.

Sebelum membuka latihan pembentukan  tiga Batalyon Raider baru, diawali pada pagi harinya Kasad mendapat penyematan Wing Penerbad Kehormatan dari Komandan Penerbad Brigjen TNI M. Afifuddin di Lapangan Brigif 15 Kujang II Kodam III/Siliwangi Kebon Rumput Cimahi.

Kasad mengungkapkan kondisi lingkungan strategis dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi berimplikasi terhadap semakin meningkatnya kompleksitas tantangan yang dihadapi oleh Angkatan Darat dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Menghadapi kondisi dan tantangan tugas itu menurut Kasad diperlukan prajurit dan satuan-satuan yang tangguh dan handal.

Salah satu kebijakan pimpinan Angkatan Darat dalam meningkatkan kesiapan operasional satuan pada tahun 2013 lanjutnya adalah membentuk tiga Batalyon Raider. Untuk tahun-tahun kedepan menurut Kasad Batalyon-batalyon Raider akan terus dibentuk. “Satuan-satuan yang belum diraiderkan untuk segera mempersiapkan diri dengan baik,” tekan Kasad.

Kasad menjelaskan tujuan latihan Raider yang akan dilaksanakan selama tiga bulan adalah untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan Batalyon Infanteri sehingga memiliki kualifikasi Raider, yakni prajurit yang memiliki kemampuan yang handal yang mampu bergerak di segala medan dan cuaca dengan mengutamakan unsur pendadakan melalui operasi raider.

Dikatakan Kasad, Batalyon Raider yang dibentuk nantinya setara dengan Batalyon-batalyon Raider lainnya yang akan menjadi pasukan pemukul dan kekuatan penangkal serta penindak yang handal untuk mengatasi berbagai ancaman yang timbul di seluruh wilayah NKRI.

“Tugas pokok kalian sebagai prajurit Raider adalah melaksanakan operasi khusus dalam penanggulangan teror, lawan gerilya dan pertempuran berlarut, baik dalam rangka operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang,” tekan Kasad.

Hadir pada acara tersebut Anggota Komisi I DPR I, Para Atase Pertahanan negara-negara sahabat, Wakasad, Pangkostrad, Dankodiklat TNI AD, Pangdam III/Skw serta para pejabat TNI-Polri dan Sipil serta warga masyarakat.

Upacara pembukaan latihan diisi dengan rangkaian pementasan beberapa atraksi keterampilan prajurit, diantaranya Bela Diri Militer, Merpati Putih, Terjun Payung, yang dilakukan oleh atlit terbaik yang mempunyai prestasi Nasional maupun Internasional dengan membentuk beberapa formasi, serta peragaan taktik penyerbuan yang terkoordinir antara Satuan Tempur dengan Satuan Bantuan Tempur maupun pasukan Helikopter yang menurunkan 2 unit Bell 205 dan 2 unit Bell 412 serta Heli serbu MI-17.

(pendam III/Slw/dispenad/sir)

Terbaru

Tiga pasang cagub-cawagub berselvie ria di RSAL Mintohardjo. (ist)
Minggu, 25/09/2016 — 13:49 WIB
Pengamat: Lawan Ahok Muncul di Luar Dugaan
Camat Kebayoran Lama, Sayid Ali, Lurah Kebayoran Lama Utara, Waluyo dan tim Pemko Jaksel saat BBJS di Jalan Peninggaran Barat RT 12/11 Kebayoran Lama Utara jelang pembongkaran pada Rabu (28/9). (Rachmi)
Minggu, 25/09/2016 — 13:43 WIB
Tiga Bangunan Segera Dibongkar Camat
kostrad
Minggu, 25/09/2016 — 13:42 WIB
Kaskostrad Tinjau Posko Bencana Banjir di Garut
bantuan
Minggu, 25/09/2016 — 13:38 WIB
Kaskostrad Bantu Korban Banjir Bandang Garut