Wednesday, 21 November 2018

Dampak Nilai Tukar Dolar, Harga Pakaian Bekas di Pasar Senen Naik

Rabu, 28 Agustus 2013 — 14:53 WIB
pakian-bekas-1

RENTETAN naiknya nilai tukar mata uang dolar Amerika  terhadap rupiah Indonesia berimbas kepada pembelian baju seken (bekas) yang dijual di Pasar Senen. Saat ini nilai kurs dollar Amerika terhadap mata uang Indonesia mencapai Rp11. 500 / dolar membuat naik pakaian seken sekitar Rp200 ribu hingga Rp300 ribu/bal.

Febri penjual pakaian baju seken kaos rajut di Pasar Senen Blok 3 mengungkapkan kenaikan tersebut sudah terjadi dalam seminggu ini. Kendati demikian barang yang ia jual eceran tetap harganya. “Kalau kita naiki bisa lari para pelanggan. Biar untung sedikit yang penting jalan,”katanya.

Dalam satu bal pakaian yang berisi 400 hingga 450 potong ini bisa dijual bervariasi. Bila melakukan sortiran yang lebih teliti mendapatkan barang yang bagus. “Dari semua barang yang ada dalam satu bal dipilih yang bagus dan standar. Nanti ada yang barang bagus atau bermerk. Dari situ bisa diambil untungnya. Namun tidak semuanya bagus. Yang bagus hanya beberapa. Nanti dipilih lagi yang agak sedang kualitasnya di situ dijual dengan harga di atas barang  yang ada di atas meja,”katanya.

Baju rajut kaos nomor 2 perbal mencapai Rp2,8 juta sebelumnya Rp2,4 juta. Untuk nomor 1 mencapai Rp3,7 juta/bal sebelumnya Rp3,7 juta/bal. Untuk harga baju digelar di atas meja Rp5 ribu/potong. Sementara itu untuk harga baju kualitas sedang dijual Rp15 ribu/potong.

Lain halnya dengan Mirza pedagang celana pendek seken di Pasar Senen Blok 3. Kenaikan harga dari pembelian bisa terjadi hampir setiap hari. “Celana pendek hampir setiap hari naik. Tapi kita nggak bisa menaikkan harga celana eceran ini. Bingung juga saya,”akunya.

Ia mengaku hampir setiap hari kenaikan celana seken import dari China, Jepang dan Korea ini mencapai Rp100 ribu. Pembelian celana pendek levis nomor 2 Rp3,5 juta/100 kg.

Celana pendek levis yang digelar dimeja bisa ia jual Rp15 ribu/potong. Barang gantung bervariasi yakni Rp20 ribu/potong, Rp30 ribu/potong sampai Rp50 ribu/potong. “Celana pendek berbeda dengan baju. Dia mau naik bensin, nilai mata uan naik tetap saja naik. Kalau sudah langka nih barang berarti dia mau naik,” pungkasnya.

(lina/sir)

pakian-bekas-1Teks Gbr- Pembeli sedang berbelanja pakaian seken di Pasar Senen Blok 3. (lina)