Thursday, 23 May 2019

Dari Kalangan Dunia Usaha

Kepedulian Terhadap Penyandang Disablitas Meningkat

Jumat, 30 Agustus 2013 — 8:28 WIB
fissablitas308

JAKARTA (Pos Kota)- Kalangan dunia usaha dan instansi pemerintah yang menunjukkan kepedulian terhadap penyandang disabilitas (cacat) semakin banyak. Mereka mulai memberikan akses lebih besar bagi penyandang disabilitas untuk bekerja disektor formal sebagai karyawan atau pegawai.

Data Kemensos sejak 2007 hingga 2009 menunjukkan bahwa ada sekitar 10.600 penyandang disabilitas yang saat ini bekerja di BUMN, swasta dan PNS.

“Memang kalau dilihat dari total jumlah penyandang cacat yang mencapai 4,7 juta, tentu angka 10.500 belum memadai,” papar Sesmenko Kesra Sugihartatmo disela acara sosialisasi Kesetiakawanan Sosial Nasional (KSN) expo dan award ke-6, Kamis (29/8).

Tetapi kata Sugihartatmo, makin banyaknya jumlah penyandang disabilitas yang masuk ke sektor formal menjadi bukti bahwa kebijakan kuota 1 persen kesempatan kerja bagi disabilitas sudah mulai diimplementasikan perusahaan.

Hal lain yang cukup menggembirakan terkait disabilitas lanjut Sugihartatmo adalah rencana pelaksanaan kebijakan afirmatif yang ditetapkan oleh Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi untuk mengakomodir pelamar umum dari penyandang disabilitas. Tahin 2013 ini disediakan 62 formasi untuk penyandang disabilitas diberbagai kementerian dan lembaga negara.

Selain disektor formal, menurut Sugihartatmo, penting dukungan terus menerus terhadap penyandang disabilitas dari berbagai pihak agar orang-orang dengan kecacatan tubuh bisa hidup mandiri. Sebab banyak sekali penyandang cacat yang sebenarnya memiliki ketrampilan usaha tetapi akses pemasaran sangat minim. Sehingga produk-produk yang dihasilkan mereka menjadi tidak banyak memberikan nilai kesejahteran bagi penyandang disabilitas.

KSN expo dan award 2013 dikatakan Sugihartatmo bisa menjadi ajang bagi para penyandang disabilitas untuk mengenailkan produk hasil kerajinan tangannya. Diharapkan jumlah pengusaha dan instansi pemerintah yang terliibat KSN expo dan award akan semakin banyak. (Inung)