Sabtu, 31 Agustus 2013 16:24:51 WIB

Pengelola Tol Tangerang-Merak Tingkatkan Standar Pelayanan Minimal (SPM)

tol-merak

SERANG (Pos Kota) – Jalan tol merupakan jalan umum yang merupakan bagian sistem jaringan jalan dan sebagai jalan nasional yang penggunanya diwajibkan membayar tol. Berdasarkan fungsinya, jalan tol sendiri dibangun antara lain untuk   memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang guna menunjang peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Seiring dengan tersedianya jalan bebas hambatan ini, para investor atau pengelola jalan tol  harus memperhatikan standarisasi suatu jalan tol untuk memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi pengguna jalan.

“Aturan itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 392/PRT/M/2005 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM),” kata Manajer Pelayanan Lalu Lintas & Informasi Operasional, Rakhmatullah, Sabtu (31/8/2013).

PT Marga Mandalasakti (MMS) sebagai pengelola Tol Tangerang-Merak senantiasa berupaya mentaati aturan yang telah dibuat oleh pemerintah. Di antaranya meningkatkan mutu ruas jalan serta penyediaan sarana dan prasarana, seperti meningkatkan kecepatan akses tersebut, MMS kini menambahkan gardu tol .

“Volume kendaraan memang belum terlihat padat, tapi sudah dilebarkan lebih dulu sebelum terjadinya bottleneck (penyempitan),” tutur Rakhmatullah. (haryono/yo)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.