Tuesday, 25 September 2018

Spanyol tekuk Finlandia 2-0

Sabtu, 7 September 2013 — 11:09 WIB
gol-alba

HELSINKI (Pos Kota) – Timnas Spanyol berhasil mempertahankan posisi sebagai pimpinan Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa, usai mengalahkan tuan rumah Finlandia di Stadion Helsinki, Sabtu (7/9) dinihari tadi. Dengan koleksi 14 poin dari enam laga, tim berjuluk Matador tersebut kini unggul tiga poin dari Prancis yang bermain imbang tanpa gol dengan tuan rumah Georgia pada hari yang sama.

Bermain di kandang lawan, Spanyol yang tampil dengan trisula David Villa, Cesc Fabregas, dan Pedro Rodriguez di lini depan sudah mampu membuka keunggulan pada menit ke-19. Adalah Jordi Alba yang maju membantu serangan untuk membawa Spanyol unggul lewat golnya. Namun sejak saat itu, pertandingan jadi terlihat menoton sehingga membuat peluang jarang terjadi. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan Spanyol bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Spanyol kembali memperlihatkan penampilan yang kurang aktraktif sehingga membuat tim tuan rumah mampu mengimbangi permainan Iker Casillas dan kawan-kawan. Namun di saat pertandingan sepertinya akan berakhir dengan skor 1-0, Alvaro Negredo yang masuk sebagai pemain pengganti Fabregas pada menit ke-71, akhirnya membuat kejutan di penghujung laga. Ia berhasil mencetak gol tepat di menit ke-86, sekaligus memastikan kemenangan Spanyol dengan skor akhir 2-0.

Hasil itu membuat Finlandia harus puas tertahan di urutan kedua dengan koleksi enam angka dari enam laga. Tim asuhan Ixu Paatelainen itu unggul satu angka dari Georgia yang sudah pasti menyusul juru kunci Belarusia dari perburuan tempat ke babak play-off Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Pada laga lainnya, Bosnia-Herzegovina masih memimpin Grup G meski kalah 0-1 dari tamunya Slowakia. Dengan 16 angka dari tujuh laga, Bosnia memiliki angka yang sama dengan Yunani yang menang 1-0 atas Liechtenstein. (junius/yo)