Sunday, 19 August 2018

Ditjen Imigrasi Percepat Layanan Paspor di Luar Negeri

Minggu, 8 September 2013 — 19:57 WIB
Imigrasi Baru

JAKARTA (Pos Kota) – Ditjen Imigrasi telah memberitahukan kepada Kantor Imigrasi dan Perwakilan RI di luar negeri, untuk menerbitkan paspor tanpa tanda tangan pejabat yang mengeluarkan, sejak 5 Juni 2013.

Menurut Kabag Humas dan Tata Usaha Ditjen Imigrasi Heriyanto penerbitan paspor semacam itu mengacu pada standarisasi Fitur Pengaman Paspor yang tertuang dalam dokumen 9303, International Civil Aviation Organization (ICAO).

“Tujuannya dari penerbitan paspor tanpa tangan pejabat, adalah komitmen Ditjen Imigrasi mewujudkan percepatan pelayanan di bidang keimigrasian, khususnya pelayanan paspor sesuai ketentuan hukum berlaku,” katanya menyikapi broadcast BBM tentang penerbitan paspor
tanda tanpa tangan dan layanan keimigrasian melalui Bank BNI.

Dia menjelaskan paspor yang telah diterbitkan dimana masih terdapat halaman tanpa tanda tangan pejabat dan telah diterima, tetap dapat digunakan sebagai dokumen perjalanan dan berlaku sampai paspor tersebut habis masa berlaku.

“Sedangkan, untuk pemohon yang mengajukan permohonan di kantor imigrasi, yang telah memiliki blangko paspor yang sudah tidak terdapat lagi halaman tanda tangan pejabat dan sudah habis blangko lamanya, pemohon akan mendapat paspor baru dengan tidak ada lagi halaman tanpa tanda tangan pejabat yang mengeluarkan.”

Heriyanto menambahkan untuk pelayanan penggantian paspor telah diberlakukan di Kantor Imigrasi (Kanim) Jakarta Barat dan Kanim Jakarta Pusat, sejak april 2013. “Kini tegah diupayakan untuk permohonan paspor baru serta dapat diaplikasi seluruh Indonesia.”

Layanan penggantian paspor satu hari jadi di kedua Kanim tersebut sudah dapat dilakukan secara online melalui website Ditjen Imigrasi di www.imigrasi.go.id.

“Untuk pembayaran keimigrasian melalui BNI, rencananya mulai dilksanakan, 1 Oktober 2013. Teta[i layanan ini dibatasi untuk permohonan paspor terlebih dahulu,” kata Heriyanto seraya memuji broadcast BBM yang beredar di masyarakat, Minggu. (ahi/d)