Thursday, 15 November 2018

Hatta Rajasa Buka Festival Danau Toba

Minggu, 8 September 2013 — 23:44 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

MEDAN(Pos Kota)  – Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, dan Ny. Okke Rajasa serta rombongan membuka Festival Danau Toba (FDT) 2013 di Tuktuk, Pulau Samosir, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (8/9). FDT sendiri digelar selama sepekan.

Mereka tiba di dermaga kapal penumpang Samosir pukul 16.00 WIB setelah menaiki perahu bersama Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo.

Setibanya di Samosir, pulau tengah danau terbesar di dunia itu, Hatta Rajasa disambut dengan pemakaian baju adat Batak Toba oleh Ketua Panitia Festival yang juga Bupati Samosir, Mangindar Simbolon.

Hatta dan Okke Rajasa juga mendapat sambutan adat berupa pelemparan beras oleh beberapa penari adat batak toba. Pelemparan beras sambil meneriakkan seruan “Horas” tiga kali itu menandakan doa agar sang tamu selalu selamat dan dalam keadaan sehat.

Kemudian Hatta bersama Okke beserta rombongan berjalan menanjak kurang lebih 300 meter menuju lokasi pembukaan sembari menerima sambutan upacara adat Batak Simalungun, Karo, Pak-pak dan Dairi secara bergantian.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu yang tertera dalam jadwal acara yang diterima wartawan sedianya hadir pula untuk membuka festival secara resmi, ternyata membatalkan kunjungannya. Alasan pembatalan masih kurang jelas. (samosir/d)