Sunday, 25 August 2019

Calhaj Kecapaian Tiba di Asrama, `Kong Awas, Rokoknya Kena Baju`

Senin, 9 September 2013 — 16:56 WIB
calhaj21

BEKASI (Pos Kota)-Hampir separuh jamaah calon haji (Calhaj) Kelompok terbang (Kloter) pertama Jawa Barat, kelelahan, karena kurang tidur, “Dua malem saya nggak tidur, jadi sekarang ngantuk dan capek,” ujar Suharlan, 65, calon haji asal Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang terlihat tertidur lelap di emperan asrama haji embarkasi Jakarta-Bekasi, Senin siang.

Suharlan, terihat lelap di bangku tunggu, sementara rokok  di tangannya terlepas tanpa sadar, “Kong awas, rokoknya kena baju,” ujar petugas keamanan yang mengawasi lelaki yang ikut KBIH Al Hidayah Kabupaten Sukabumi ini.

Dokter Siti Nurasyiah Wahyu, petugas medis Kloter 1 asal Kabupaten Sukabumi, membenarkan kalau jamaah kelelahan, “Kebanyakan mereka berangkat dari rumah Minggu selepas Isya, kemudian diberangkatkan dari lapangan Armed, lokasi pelepasan Calhaj asal Kabupaten Sukabumi ke asrama embarkasi haji Bekasi pukul 23:00 dan sampai Bekasi pukul 07:15.

“Mereka kurang tidur, karenanya kami memberinya vitamin dan mempersilakan jamaah istirahat karena lelah,” ujar dokter Siti Nurasyiah Wahyu, sambil mengatakan beberapa calhaj yang usianya di atas 60 tahun terpaksa diharuskan istirahat di asrama.

Calha Kloter pertama ini, masuk lebih cepat dua jam dari jadwal yang ditentukan, Senin (9/9) pukul 09:00, namun sudah sampai pukul 07:15. Kloter dengan 444 jamaah dan 6 petugas ini diterima panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji Indonesia (PPHI) Jawa Barat diterima Buchori, Sekretaris PPHI.

DILEPAS GUBERNUR

Calhaj Kloter pertama, rencananya pada Selasa pukul 10:00 akan dilepas Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat. Calhaj berangka dari Embarkasi haji Jakarta-Bekasi ( asrama haji) diJl Kemakmuran, Margajaya, Bekasi Selatan, langsung ke Bandara Halim Perdana Kusuma.

Sementara Kloter 5 asal Kabupaten Bekasi akan masuk asrama Rabu 11/9, mendatang, “Tas koper sudah dikirim ke asrama,” ujar Shobirin, Kasie Haji Kabupaten Bekasi.

(saban/sir)

Teks Gbr- Calhaj Kloter pertama Jawa Barat asal Kabupaten Sukabumi, nampak kelelahan karena kurang tidur.(saban)