Sunday, 25 August 2019

Pemerintah Tolak UMP RP 3,7 Juta

Senin, 9 September 2013 — 13:57 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Mekanisme kenaikan upah akan disesuaikan dengan tingkat inflasi, untuk mencegah relokasi investor asing.

“Besaran kenaikan upah tergantung pembicaraan tripartit antara pengusaha, buruh, dan Dewan Pengupahan. Mekanisme ini menguntungkan semua pihak ini,” kata Menteri Perindustrian MS. Hidayat, Senin.

Karena itu, lanjutnya, pemerintah menolak tuntutan buruh yang menuntut kenaikan upah minimum provinsi hingga 350 persen atau menjadi Rp 3,7 juta per bulan.

Hidayat menilai tuntutan kenaikan itu tak sesuai dengan pertumbuhan ekonomi yang melambat. “Kalau ada tekanan berupa kekerasan karena penolakan itu, akan kami hadapi,” tegasnya.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Haryadi Sukamdani juga menolak tuntutan serikat pekerja. Menurutnya kenaikan upah Rp 3,7 juta bakal tinggal wacana.

Tapi disisi lain dia menolak intervensi pemerintah dengan menetapkan besaran kenaikan sesuai dengan tingkat inflasi. “Peran pemerintah semestinya hanya menetapkan besaran KHL,” ujar Sukamdani.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI). Sjukur Sarto menilai, aksi-aksi menekan melalui demonstrasi di jalanan tidak menyelesaikan masalah kesejahteraan pekerja.

Sjukur mengimbau semua pihak hendaknya menghormati dan menjalankan proses penentuan upah yang dilakukan setiap tahun di lembaga tripartit di tingkat pusat dan daerah.

Dia berharap, semua pihak mengikuti alur dan proses yang sudah disepakati. Jika kondisi kebutuhan hidup layak pekerja memang harus meningkat maka semua pihak harus menghormati.

“Yang harus diperjuangkan adakah menghapus pungutan dan sumbangan-sumbangan tertentu yang dimasukkan dalan biaya produksi yang persentasenya mencapai 20-23 persen. Kondisi seperti itu yang harus dihapus karena membuat produk Indonesia tidak kompetitif,” kata sjukur.

Dia mencontohkan, Malaysia, Korea dan Taiwan yang menggunakan pekerja Indonesia dan membayar upah 2-3 kali lipat lebih besar tetapi bisa menjual produk yang sama dengan harga lebih kompetitif.(Tri)

  • Kenshi78

    hapus pola kerja outsorcing,,karena gaji yg diterima karyawan kecil setelah dipotong perusahaan penyedia jasa!!!!!