Friday, 20 April 2018

Satkamla Lantamal II Padang Tangkap Kapal Pesiar

Senin, 9 September 2013 — 15:37 WIB
kapal-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang melakukan Jarkaplid (pengejaran penangkapan dan penyelidikan)  terhadap sebuah kapal pesiar KM Alyssa dengan bobot 97GT yang berlayar dari Sikakap Kepulauan Mentawai menuju perairan Muara Padang.

Menurut Komandan Satkamla Lantamal II Padang Mayor Laut (P) Retno Wahyudi, bahwa kapal pesiar tersebut ditangkap karena diduga tidak memiliki dokumen yang dipersyaratkan sesuai aturan yang berlaku.

Penangkapan dilakukan pada hari Jumat dini hari oleh Patkamla II-2-03 di bawah jajaran Satkamla Lantamal II Padang. Kapal KM Alyssa yang dinakhodai oleh Saudara Baharudin ini ditangkap pada posisi 04 08 21 U – 118 07 42 T dengan 6 orang ABK yang semua berkewarganegaraan Indonesia. Saat diperiksa, awak kapal tidak bisa menunjukkan dokumen asli kapal, dan dari hasil pemeriksaaan awal telah ditemukan cukup bukti pelanggaran untuk diproses lebih lanjut.

Komandan Lantamal II Padang Brigjen TNI (Mar) Soedarmien Soedar menegaskan, bahwa kapal diamankan Lantamal II untuk proses penyidikan terkait pelanggarannya, dan Nakhoda serta dokumen kapal KM Alyssa (dalam bentuk Foto Copy) dalam proses penyidikan oleh tim Penyidik Lantamal II Padang.

(dispenarmabar/sir)

Teks Gbr- Kapal KM Alyssa yang ditangkap oleh Satkamla Lantamal II Padang.