Tolak Hasil Pilgub Jatim 2013, Khofifah Siap Menggugat

Senin, 9 September 2013 — 3:12 WIB
Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.
Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA (Pos Kota) – Pasangan Khofifah-Herman (Berkah)menolak hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Jatim 2013 yang dilakukan KPUD Jawa Timur.

Soekarwo-Syaifullah Yusuf

Hasil rekapitulasi memenangkan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa), dengan perolehan suara 47,25 persen.

KPUD Jawa Timur secara resmi telah mengumumkan hasil Pilgub Jatim pada Sabtu (7/9) di Shangri-La Hotel Surabaya. Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja, kini menyiapkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Mereka menuding ada kecurangan dalam pelaksanaan pilgub, mulai tahapan verifikasi, seleksi, kampanye, hingga pada proses pemungutan suara.

Khofifah-Herman

Pasangan Khofifah Indar Parawangsa – Herman S. Sumawireja maju dengan nomor urut empat. (ist).

Dalam sidang penentuan pemenang, dua pasangan Khofifah-Herman dan pasangan Bambang DH-Said tidak hadir. “Kami tak mungkin merinci secara lisan satu per satu kecurangan. Tapi kami akan menyampaikan secara tertulis. Yang jelas, kami menolak hasil rekapitulasi,” kata Edi Junaedy, saksi pasangan Berkah, Minggu (8/7).

“Kami belum tentukan kapan akan ke MK. Yang jelas paling lambat tiga hari setelah penetapan,” tambahnya.

Sejumlah pendukung Khofifah mengatakan, wajar kalau jagoannya itu mengajukan gugatan. “Khofifah sudah dicurangi dua kali,” ujar Yadi, pendukung dari Jombang.

Hal yang sama dikatakan Siti, warga Surabaya. “Saya kecewa hasil pemilukada ini, karena tadinya saya yakin Bu Khofifah menang. Sangat wajar ada gugatan ke MK, agar dibuktikan kebenaran di lapangan,” sebutnya.

Sementara Ketua Bawaslu Jatim Sufianto mengatakan, sejauh ini proses tahapan Pilgub sudah tidak ada masalah. “Kalau pun ada gugatan, itu merupakan hak calon,” katanya.

SEMPAT RAMAI

Khofifah yang berpasangan dengan mantan Kapolda Jatim Herman S Sumawiredja, sebelum Pilgub Jatim sempat ramai menjadi pembicaraan di masyarakat. Pasalnya, pasangan ini sempat berperkara dengan KPU Jatim yang tidak meloloskan saat penentuan peserta.

Keduanya melakukan gugatan, hingga Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) memutuskan Khofifah-Herman lolos sebagai peserta Pilgub Jatim 2013.

Dalam pelaksanaan kampanye, tim Berkah mendapatkan kecurangan-kecurangan. Bukti kecurangan akan dibawa ke MK, di antaranya politik uang serta temuan mobilisasi pelajar oleh salah satu pasangan calon.

Ketua KPU Jatim Andry Dewanto mengaku siap menghadapi gugatan Khofifah-Herman. (nurqomar/ds/ird)

  • mulawarman

    Hasil Pemillu Kepala Daerah.
    Kayanya dari dulu kaya anak2 saja.
    Kapan dewasanya…?
    La.. kalo jadi Pamong bagaimana nanti yg di emong.
    Momong dirinya saja belum bisa.
    Dari awal sudah gak beres.
    Sekarang mau bikin kisruh lagi.
    Perngeyelan bener ya…?

    • ujang sujai

      Bude.. Mending urus yayasan NU aja.. Lebih barokah… In shaa Allah…

  • pengikut ahlussunnah waljama’a

    jadilah pemimpin yang jujur,kalau ingin rakyatnya tidak hancur !

  • rengga.irawan.779

    ibu yg satu ini dari dulu masalah terus…mbok kalo kalah lapang dada aja.

  • Rhamadhan Priatna

    Bu klu udah klh ya klh aja…dr dulu ngotot bngt ingn jd gubernur jatim..pdhl dr kmrn aja jgn diloloskn jd peserta kan aman ga cape dan ga ribet….

  • yekaha2002

    Kalau memang ada kecurangan saya setuju digugat, karena modus2 kecurangan Cagub yang dari demokrat ini bisa kelihatan. Dan nanti pada saat Capres modus-modus tersebut sudah tidak terulang lagi

  • Indaryanto

    teriak-teriak ada kecurangan setelah kalah….. akui saja kalah…. katanya siap kalah dan siap menang….. tapi menyalahkan dan menganggap orang lain salah itu adalah pekerjaan yang paling mudah…..

  • Senggoto

    kalau selisih perolehan sedikit mungkinlah menggugat , barangkali karena kalah dalam melakukan pelanggaran. Soalnya dalam demokrasi transaksional seperti di Indonesia ini termasuk Jwa timur ada kontestan pemilu yang tidak melanggar.

  • azamzaidan

    Biasa orang indonesia.. kalau kalah ngamuk cari cari kambing hitam, percuma budhe, diMK sudah tidak ada mahfud md lagi yg siap membela anda hehehehe

  • azaty soul

    ibu khofifah yang terhormat, sudahlah..g usah ngeyel lg.toh yang mendampingi gubernur terpilih jg generasi NU..,siapapun yang diatas yang penting jaga kebersamaan n kekeluargaan NU kita.

Terbaru
Terpopuler
Minggu, 5 Juli 2015 — 7:42 WIB
Bola
Minggu, 5 Juli 2015 — 6:43 WIB
Peristiwa
Minggu, 5 Juli 2015 — 6:20 WIB
Bola
Minggu, 5 Juli 2015 — 6:10 WIB
Peristiwa
Minggu, 5 Juli 2015 — 6:01 WIB
Peristiwa
Minggu, 5 Juli 2015 — 5:56 WIB
Nah Ini Dia
Minggu, 5 Juli 2015 — 1:57 WIB
Peristiwa
Minggu, 5 Juli 2015 — 1:41 WIB
Banten
Minggu, 5 Juli 2015 — 1:11 WIB
Uncategorized