Tolak Hasil Pilgub Jatim 2013, Khofifah Siap Menggugat

Senin, 9 September 2013
Khofifah_3

SURABAYA (Pos Kota) – Pasangan Khofifah-Herman (Berkah)menolak hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Jatim 2013 yang dilakukan KPUD Jawa Timur.

Soekarwo-Syaifullah Yusuf

Hasil rekapitulasi memenangkan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa), dengan perolehan suara 47,25 persen.

KPUD Jawa Timur secara resmi telah mengumumkan hasil Pilgub Jatim pada Sabtu (7/9) di Shangri-La Hotel Surabaya. Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja, kini menyiapkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Mereka menuding ada kecurangan dalam pelaksanaan pilgub, mulai tahapan verifikasi, seleksi, kampanye, hingga pada proses pemungutan suara.

Khofifah-Herman

Pasangan Khofifah Indar Parawangsa – Herman S. Sumawireja maju dengan nomor urut empat. (ist).

Dalam sidang penentuan pemenang, dua pasangan Khofifah-Herman dan pasangan Bambang DH-Said tidak hadir. “Kami tak mungkin merinci secara lisan satu per satu kecurangan. Tapi kami akan menyampaikan secara tertulis. Yang jelas, kami menolak hasil rekapitulasi,” kata Edi Junaedy, saksi pasangan Berkah, Minggu (8/7).

“Kami belum tentukan kapan akan ke MK. Yang jelas paling lambat tiga hari setelah penetapan,” tambahnya.

Sejumlah pendukung Khofifah mengatakan, wajar kalau jagoannya itu mengajukan gugatan. “Khofifah sudah dicurangi dua kali,” ujar Yadi, pendukung dari Jombang.

Hal yang sama dikatakan Siti, warga Surabaya. “Saya kecewa hasil pemilukada ini, karena tadinya saya yakin Bu Khofifah menang. Sangat wajar ada gugatan ke MK, agar dibuktikan kebenaran di lapangan,” sebutnya.

Sementara Ketua Bawaslu Jatim Sufianto mengatakan, sejauh ini proses tahapan Pilgub sudah tidak ada masalah. “Kalau pun ada gugatan, itu merupakan hak calon,” katanya.

SEMPAT RAMAI

Khofifah yang berpasangan dengan mantan Kapolda Jatim Herman S Sumawiredja, sebelum Pilgub Jatim sempat ramai menjadi pembicaraan di masyarakat. Pasalnya, pasangan ini sempat berperkara dengan KPU Jatim yang tidak meloloskan saat penentuan peserta.

Keduanya melakukan gugatan, hingga Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) memutuskan Khofifah-Herman lolos sebagai peserta Pilgub Jatim 2013.

Dalam pelaksanaan kampanye, tim Berkah mendapatkan kecurangan-kecurangan. Bukti kecurangan akan dibawa ke MK, di antaranya politik uang serta temuan mobilisasi pelajar oleh salah satu pasangan calon.

Ketua KPU Jatim Andry Dewanto mengaku siap menghadapi gugatan Khofifah-Herman. (nurqomar/ds/ird)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.