Thursday, 23 May 2019

Calhaj Sukabumi Berangkat ke Halim Tertunda 2,5 Jam

Selasa, 10 September 2013 — 12:30 WIB
haji1

BEKASI (Pos Kota)-Jemaah Calon haji (Calhaj) Kelompok terbang (Kloter) pertama Jawa Barat dari Kabupaten Sukabumi, tertunda 2,5 jam keberangkatannya.

Mestinya. Calhaj dengan 450 jamaah berangkat dari asrama haji embarkasi Jakarta-Bekasi pukul 07:00, namun baru diberangkatkan pukul 09:30, “Ada kendala teknis di Bandara Halim Perdanakusuma,” ujar Buchori, Kabid Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, yang juga Sekretaris Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji Indonesia (PPHI) Jawa Barat.

Menurutnya jamaah akan diberangkatkan jika di Bandara sudah siap, “Kita menunggu arahan dari Bandara,” ujarnya.

X-RAY

Akibat penundaan itu, ratusan jamaah yang sebelumnya sudah naik bis turun lagi dan kembali ke kamar. Karena harus melintas di lokasi steril, mereka pun berkali-kali kena X-Ray.

“Tadi udah diperiksa, sekarang diginiin lagi,” ujar Sulaeman, jamaah asal Kecamatan Ujung Genteng, Sukabumi. Dia terpaksa mengeluarkan HP dan kameranya untuk melintasi pintu X-Ray.

DILEPAS GUBERNUR
Sebelumnya Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat, melepas mereka pukul 07;00, dalam pengarahannya, gubernur berharap jamaah menjaga nama baik daerah dan bangsa.

Para jamaah usai diberi pengarahan, naik ke bis, namun ada pengumuman penundaan, mereka kembali ke kamar.
Beberapa jam kemudian terdengar pengumuman siap berangkat karenanya jamaah pun berlari-lari dari kamar ke bis.

(saban/sir)