Saturday, 17 November 2018

Untuk Waduk Ria Rio

Ganti Rugi Rp 5 Juta Tidak Masuk Akal

Jumat, 13 September 2013 — 23:10 WIB
gakmasukakal139

JAKARTA (Pos Kota) – Warga Waduk Ria Rio, Jakarta Timur, yang meminta ganti rugi Rp5 juta/keluarga atas penggusuran tempat tinggalnya ditolak Wakil Gubernur Ahok. Permintaan ganti rugi Rp5 juta dinilai tidak masuk akal.

Ahok bertekad tetap akan menggusur permukiman warga Waduk Ria Rio tersebut. “Itu permintaan nggak masuk akal. Nggak ada itu,” tegasnya. “Normalisasi Waduk Ria Rio jalan terus.”

Warga Waduk Ria Rio akan direlokasi ke rumah susun (rusun). “Kalau mereka tidak mau direlokasi ke rusun ya biarin, kita usir,” tegas Ahok. “Nggak ada ganti rugi, adanya pindah ke rusun.”

Ahok menambahkan, warga yang tinggal di lahan Waduk Ria Rio sudah melanggar peraturan. Sudah kewajiban bagi Pemprov DKI Jakarta untuk menegakkan aturan di wilayahnya.

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta berencana memberikan uang kompensasi sebesar Rp1 juta kepada warga yang tinggal di bantaran Waduk Ria Rio. Namun niat tersebut ditolak warga dengan alasan, uang yang diberikan terlalu kecil. Warga pun meminta kompensasi Rp5 juta/keluarga.

DATANGI KECAMATAN

Penolakan tersebut dilakukan saat akan digelar pengambilan uang ganti rugi Senin (9/9) lalu. Dengan membawa surat undangan pengambilan kompensasi, puluhan warga Pedongkelan yang menempati lahan sekitar pengembangan Waduk Ria Rio, mendatangi Kantor Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur.

Kedatangan mereka bukan untuk mengambil uang kompensasi, melainkan sebagai penolakan untuk menerima uang kompensasi dari PT Pulomas Jaya sebesar Rp1 juta. Warga yang akan segera direlokasi ke Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Pinus Elok, Cakung, Jakarta Timur, pada akhir September itu bersikeras meminta uang kerohiman sebesar Rp5 juta. Warga beralasan uang Rp5 juta itu untuk mengganti biaya pembangunan rumah mereka pasca kebakaran yang melanda pemukiman tersebut beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui Pemprov DKI Jakarta akan menambah lahan ruang terbuka hijau (RTH) dengan membangun taman di Waduk Ria Rio. Luas lahan Waduk Ria Rio mencapai 25 hektar. Seluruh lahan tersebut saat ini masih menjadi milik Pulomas. (guruh/st)

Teks : Waduk Ria Rio

  • rengga.irawan.779

    pengalaman..gak usah pedulikan pak Ahok..gusur aja….dah salah ngotot…g punya otak…..ngeyel……bikin kesel aja.