Sunday, 24 September 2017

Borong Tiga Gol, Messi Kembali Cetak Rekor

Kamis, 19 September 2013 — 8:09 WIB
messi-sub

BARCELONA (Pos Kota) – Pamor Lionel Messi sebagai pencetak gol kian tersohor. Hal itu dibuktikan Messi setelah sukses mencatat rekor usai memborong tiga gol saat membantu Barcelona untuk membungkam Ajax Amsterdam 4-0 pada laga pembuka Grup H Liga Champions di Camp Nou, Kamis (19/9) dinihari WIB tadi.

Satu dari tiga gol Messi dalam laga itu bahkan dicetak dari skema tendangan bebas pada menit ke-22. Sementara dua gol lainnya, yakni pada menit 55′ dan 75′ dilesakkan lewat permainan berjalan. Tiga gol yang diborong Messi itu pun menjadi hatriknya yang ke-24 sepanjang kariernya bersama Barcelona. Raihan itu membuat Messi sukses melampaui rekor milik bintang Barcelona dan legenda Brasil, Romario pada tahun 1993.

Hatrik terakhir Romario yang ke-23 ia ciptakan saat menjebol gawang Atletico Madrid. Hatrik Messi ke gawang Ajax itu juga turut melengkapi torehan 45 gol selama berlaga di Liga Champions sejak msim 2005-06 silam. Artinya Messi mencetak rata-rata 10 gol lebih di empat musim terakhir. Bahkan dua musim lalu, Messi mencetak 14 gol. Kini, Messi pun semakin dekat dengan rekor milik Raul Gonzales sebagai topskorer sepanjang masa di Liga Champions.

Selama kariernya di Liga Champions, Raul sukses menorehkan 71 gol di Madrid dan juga Schalke. Dengan demikian, Messi hanya butuh sembilan gol untuk menyamai rekor tersebut. Jika merujuk pada statistik dan rata-rata gol Messi di Liga Champions empat musim terakhir, target itu tampaknya akan dapat dicapai Messi jika tidak ada aral melintang. Di sisi lain, persaingan untuk menjadi topskorer Liga Champions semakin menghangat.

Pasalnya, seteru Messi yang juga bomber Real Madrid, Cristiano Ronaldo juga mencetak hatrik ke gawang Galatasaray saat timnya menang 6-1 pada laga pembuka Grup B, satu hari sebelumnya. Dengan tiga gol itu, kini Ronaldo sudah mengoleksi total 53 gol. Baik Madrid dan Barcelona kini sama-sama menjadi pimpinan masing-masing grup. Selain tiga ol yang diborong Messi, satu gol pelengkap kemenangan Barcelona atas Aax di cetak Gerard Pique di menit ke-69.

(junius/sir)