Saturday, 23 March 2019

Dirilis, Aplikasi BBM untuk Android

Sabtu, 21 September 2013 — 19:07 WIB
BBM to Android

JAKARTA – Kabar gembira untuk pemilik handphone Android. Aplikasi Blackberry Massanger (BBM) yang selama ini dinikmati eksklusif oleh pemilik Blackberry, kini bisa dipakai untuk pemegang handphone Android dan iPhone.

BBM-cross-platform

Suasana peluncuran aplikasi BBM untuk lintas platform

Pengguna Android serta iPhone sudah bisa menikmati aplikasi BBM di perangkat masing-masing tanpa perlu membeli ponsel BlackBerry.

Aplikasi Blackberry Messenger (BBM) sudah bisa diunduh pengguna Android hari ini pukul 18.00 WIB, sedangkan untuk pengguna i-Phone pada Minggu pagi mulai pukul 00.01 WIB.

Menurut Managing Director Blackberry Indonesia Maspiyono Handoyo, meski nantinya bisa digunakan untuk dua platform pesaing, BBM hanya bisa kompatibel di perangkat Android di atas seri 4.0.0 atau Ice Cream Sandwich serta iOS 6 dan 7.

Ada sejumlah fitur andalan BBM yang akan dibawa ke perangkat Android dan iPhone, yakni percakapan (chat); berbagi file seperti foto dan voice notes; fasilitas grup dan percakapan bersama disertai foto dan jadwal; Broadcast Message; post update berupa foto atau status; dan PIN unik.

Apa saja fitur andalan yang ditawarkan BBM untuk menarik pengguna di tengah persaingan panas aplikasi-aplikasi chatting tersebut?

Berikut ini daftarnya sebagaimana dikutip dari blog resmi BlackBerry.

1. “Chatting” ala BBM

Pengguna BlackBerry tentu akrab dengan huruf kecil “D” dan “R” di BBM yang menunjukkan status pesan apabila telah terkirim dan dibaca.

BBM juga menunjukkan apabila lawan bicara sedang mengetik pesan balasan. Fitur khas yang satu ini turut diboyong ke BBM di Android dan iOS.

2. Kemampuan berbagi foto dan “voice notes”

Kemampuan pengiriman lampiran file (attachment) berupa gambar atau file jenis lain adalah salah satu fitur wajib untuk aplikasi chatting masa kini. BBM pun tak alpa menyediakan fungsi tersebut.

3. BBM Group hingga 30 pengguna

BBM Groups di aplikasi BBM untuk Android dan iOS mampu menampung hingga 30 pengguna berbeda. Seperti di ponsel BlackBerry, group chat ini juga mendukung sharing gambar dan jadwal antarsesama anggota, juga penyiaran satu pesan ke banyak pengguna sekaligus di dalam grup alias Broadcast Message.

4. Notifikasi perubahan status

BBM akan memberi tahu pengguna apabila ada pesan baru, perubahan status, ataupun penggantian foto Profile Picture dari teman-teman di dalam daftar kontak.

5. “Personal Identification Number” (PIN)

Inilah salah satu keunikan yang membedakan BBM dari teman-temannya sesama aplikasi pesan instan. PIN dipakai untuk mengidentifikasi pengguna agar nomor telepon atau alamat e-mail tak perlu tersebar sehingga menjaga privasi.

Selain fitur-fitur di atas, BlackBerry juga berencana menambahkan sejumlah fungsi tambahan pada aplikasi BBM di Android dan iPhone pada waktu yang akan datang. Salah satunya adalah BBM Channel yang menjembatani komunitas dengan brand atau selebriti.

Fitur voice call dan video call juga bakal hadir belakangan untuk BBM di Android dan iOS.

TAK SENDIRI

Aplikasi pesan instan (instant messaging) itu diharapkan bisa menjaring lebih banyak pengguna, termasuk mereka yang tadinya hanya menggunakan platform lain seperti Android dan iPhone.

“Saat ini ada lebih dari 60 juta pengguna BBM aktif di seluruh dunia, dengan adanya perpindahan ini diharapkan juga menumbuhkan jaringan pengguna karena dari platform lain juga akan bertambah,” kata Senior Director Marketing APAC for BBM Khrisnadeep Baruah.

Menurut Khrisnadeep, pasar di kategori pesan instan berkembang sangat pesat beberapa waktu belakangan.

Hingga saat ini saja, penggunaan gadget hampir menembus angka satu miliar unit. Pada 2016 mendatang, diperkirakan pertumbuhan ponsel pintar bisa mencapai 2,5 miliar di seluruh dunia. “Maka dilihat dari pertumbuhan dan ekspansinya, kami melihat ada kesempatan di sana, sangat besar pasarnya,” katanya.

Kendati populer, BBM kini tak sendiri. Para penyedia layanan serupa, seperti WhatsApp, Line, WeChat, dan kawan-lawan telah turut meramaikan jagat aplikasi pesan instan. (dms/d)