Sunday, 19 November 2017

Hadapi Vietnam di Final AFF U-19

Saatnya Garuda Muda Balaskan Dendam

Minggu, 22 September 2013 — 10:19 WIB
INDONESIA LAWAN VIETNAM

SIDOARJO (Pos Kota) – Laga Indonesia melawan Vietnam di Final Piala AFF U-19,Minggu (22/9) pukul 19:30 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo beraroma dendam. Indonesia ingin membalas kekalahan di penyisihan Grup B (1-2), sekaligus bertekad mencatat sejarah sebagai juara Piala AFF U-19 tahun ini.

Tekat itu disuarakan Evan Dimas, gelandang Timnas Indonesia, mewakili rekan-rekannya. Untuk mewujudkan itu, katanya, Indonesia harus berjuang keras, mati-matian.

Menurut Evan, Vietnam merupakan tim yang solid, bermain dengan sentuhan yang bagus dan mereka sangat kompak,” ujar Evan.”Kami harus bekerja keras dan mengikuti instruksi pelatih secara benar,” ujarnya.

TAK GOYAH
Pelatih Garuda Muda julukan Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafrie mengatakan kemampuan fisik skuadnya dipastikan akan sama seperti ketika menghadapi Thailand dan Malaysia, juga Timor Leste.

“Vietnam memang sudah memiliki kecepatan dan kepaduan antarpemain. Tapi, itu tak akan membikin kita goyah. Berdasar pengalaman di laga pertama, anak-anak harus tampil menekan sehingga lawan tak punya kesempatan untuk mengacak lini pertahanan belakang kita,” kata Indra.

Indonesia ke final selepas menggulung Timor Leste 2-0. Sedangkan Vietnam mengalahkan Laos 1-0. Meski kalah di laga perdana, namun Evan Dimas dkk kini tambah pede menyusul keberhasilan mereka melewati partai neraka dengan menggusur Thailand dan Malaysia di penyisihan Grup B.

Bagi Indonesia ini adalah keberhasilan pertama melaju ke final turnamen yang sudah digelar sejak 2002. Pada sembilan gelaran sebelumnya, Indonesia tiga kali hanya sampai fase grup, enam sisanya tidak lolos kualifikasi.
Sedangkan Vietnam sudah pernah satu kali mencicipi juara Piala AFF U-19, yakni pada tahun 2007, di mana di partai puncak mereka sukses menundukkan Malaysia 1-0. (si)

PERJALANAN MENUJU FINAL

VIETNAM
@ Vietnam vs Thailand 3-2
@ Vietnam vs Malaysia 1-0
@ Indonesia vs Vietnam 1-2
@ Myanmar vs Vietnam 1-3
@ Brunei vs Vietnam 1-6
INDONESIA
@ Indonesia vs Brunei 5-0
@ Myanmar vs Indonesia 1-2
@ Indonesia vs Vietnam 1-2
@ Indonesia vs Thailand 3-1
@ Indonesia vs Malaysia 1-1
SEMIFINAL
@ Vietnam vs Laos 1-0
@ Indonesia vs Timor Leste 2-0