Rabu, 25 September 2013 08:20:28 WIB

Buah Impor Semakin Mahal

ilusbuah

TERNYATA tidak hanya harga daging sapi yang mahal dan ayam negeri yang naik setiap hari. Pantauan Pos Kota kemarin, harga buah-buahan pun mulai sulit terjangkau masyarakat kelas bawah.

Di kelas penjual di pinggir jalan di dekat Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, banyak sekali buah-buahan impor. Seperti, apel, jeruk, kelengkeng, pear, anggur, kiwi dan jeruk. Sedangkan buah lokal di antaranya, melon, jeruk dan semangka.

“Tahun lalu harga buah agak murah. Tetapi sejak Februari –Maret tahun ini mulai naik. Kenaikan mungkin karena buah yang turun di Pelabuhan Tanjung Priok jumlahnya berkurang. Ada yang bilang sebagian diturunkan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya,” kata Marjono, yang mangkal di wilayah Jatinegara tersebut.
Lelaki asal Kuningan, Jawa Barat itu menjelaskan kenaikan harga buah.
• Apel Amerika dari Rp19 ribu/Kg jadi Rp25 ribu/Kg
• Anggur Amerika dari Rp30 ribu/Kg jadi Rp50 ribu/Kg
• Kelengkeng Bangkok dari Rp20 ribu/Kg jadi Rp30 ribu/Kg
• Kiwi New Zealand Rp25 ribu/Kg jadi Rp35 ribu/Kg
• Jeruk Medan Rp20 ribu/Kg

BELUM MUSIM

Sedangkan harga mangga harum manis dan Indramayu, menurut Asep, pedagang buah asal Garut, sekitar Rp20 ribu/Kg. sekarang belum banyak karena memang belum musimnya.

Sementara itu, harga mangga dalam negeri seperti Tingginya harga mangga karena belum musim. ”Kalau ada yang dijual di pasar masih sedikir. Itu biasanya buah dari pohon mangga yang setahun dua kali berbuahnya,” jelasnya. (percoyok/ak)

Teks : Marjono pedagang buah di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur. (percoyok)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.